Klaster Ponpes di Kulon Progo Tambah 19 Kasus

  Rabu, 21 April 2021   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Ilustrasi klaster (Pixabay)

KULON PROGO, AYOYOGYA.COM -- Muncul 19 kasus baru Covid-19 yang memiliki kaitan dengan klaster Pondok Pesantren Nurul Quran di Dusun Sambeng, Kalurahan Hargorejo, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulon Progo, Baning Rahayujati dalam keterangan tertulisnya, Rabu (21/4/2021), menuturkan rincian penambahan itu ada 7 dari kelompok Nurul Quran. Dengan 1 orang follow up tes antibodi dan 11 orang masuk dalam kontak erat kasus sebelumnya.

"Di mana 7 di antaranya berada pada dusun yang sama dengan Nurul Quran dan saat ini sedang dilakukan penyelidikan lebih lanjut apakah saling berhubungan atau tidak," kata Baning, dilansir dari Suara.com--jaringan Ayoyogya.com.

Baning menjelaskan tidak menutup kemungkinan bahwa kasus tersebut masih akan bertambah. Pasalnya proses tracing masih terus dilakukan oleh gugus tugas Covid-19 Kulon Progo. Bahkan hingga sekarang gugus tugas juga tengah menunggu 118 hasil laboratorium dari sampel yang diperiksa.

"Sementara baru itu informasi yang bisa kami sampaikan. Untuk informasi selanjutnya (menunggu) setelah hasil laboratorium keluar," ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan bahwa sebanyak 55 orang penghuni Ponpes Nurul Quran menunjukkan gejala mengarah ke Covid-19. Puluhan penghuni ponpes itu mayoritas adalah anak-anak.

Berdasarkan jumlah tersebut lima orang sudah menjalani tes swab PCR. Hasilnya tiga orang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. 

Tes swab antigen pun juga telah dilakukan pada 13 orang dengan hasil 8 di antaranya terkonfirmasi positif Covid-19. 

Ternyata sebaran kasus Covid-19 tidak hanya terjadi di Ponpes Nurul Quran. Penyebaran kasus Covid-19 itu juga terjadi di Ponpes Darul Karim di Bumirejo, Lendah.

Tercatat dari Ponpes Darul Karim ada sebanyak 33 orang santri dan pengurus ponpes terkonfirmasi positif Covid-19. Namun kini semua tengah menjalani isolasi mandiri. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar