Hasil Isbat, Awal Ramadan 2021 Jatuh Pada Selasa 13 April

  Senin, 12 April 2021   Nur Khansa Ranawati
Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas (tangkapan layar konferensi pers daring sidang Isbat 2021)

 

YOGYAKARTA, AYOYOGYA.COM--Berdasarkan hasil sidang Isbat, 1 Ramadan 1442 Hijriah resmi jatuh pada esok hari, Selasa 13 April 2021. Hal tersebut disampaikan dalam konferensi pers yang digelar Kementerian Agama RI, Senin 12 April 2021 malam.

Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, keputusan tersebut diambil berdasarkan kesaksian hilal dari 13 orang peserta sidang. Tidak ada perbedaan pendapat dalam sidang tersebut.

"Kita baru saja menyelenggarakan sidang Isbat yang dihadiri oleh perwakilan ormas-ormas Islam dan negara-negara sahabat. Kami dapat laporkan ada 13 orang yang di bawah sumpah menyaksikan hilal sudah terlihat," ungkapnya Yaqut.

"Sehingga keputusan dari sidang Isbat tadi tanpa ada perbedaan, tanpa ada dissenting opinion, bahwa 1 Ramadan 1442 H jatuh pada 13 April 2021, Selasa," lanjutnya.

Oleh karenanya, dia mengatakan, mulai malam ini umat Muslim telah dapat menggelar ibadah tarawih dan melangsungkan santap sahur di Selasa dini hari Yaqut menyampaikan, pihaknya juga telah menerbitkan surat edaran terkait amaliyah bulan Ramadan dan Idul Fitri tahun ini.

"Sudah ada Surat Edaran untuk ibadah-ibadah yang menyertainya, seperti tarawih, itikaf, kultum dan lain-lain. Akan ada pembatasan-pembatasan mengikuti protokol kesehatan," ungkapnya.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar