Fogging Disinfektan Tak Lagi Dianjurkan untuk Cegah Covid-19

  Kamis, 08 April 2021   Nur Khansa Ranawati
Petugas melakukan penyemprotan disinfektan di Jalan Caladi, Kota Bandung, Rabu (6/1/2021). Penyemprotan disinfektan dengan menyusuri pemukiman padat penduduk ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

YOGYAKARTA, AYOYOGYA.COM--Saat ini, terdapat dua hal yang tidak lagi dianjurkan untuk dilakukan sebagai langkah pencegahan Covid-19. Dua hal tersebut adalah penyemprotan disinfektan dan fogging atau pengasapan.

Anjuran tersebut disampaikan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat. "CDC telah memperbarui panduan mereka dalam pembersihan dan disinfeksi fasilitas di rumah yang merefleksikan sains terkait transmisi," jelas Direktur CDC Dr Rochelle Walensky, sebagaimana dilansir dari Republika, Kamis 8 April 2021. 

Dr Walensky mengatakan orang-orang bisa terinfeksi virus penyebab Covid-19 melalui kontak dengan permukaan atau objek yang terkontaminasi. Akan tetapi, ada beberapa hal terkait metode pembersihan permukaan dan objek di rumah yang tak perlu lagi dilakukan. 

Berikut ini adalah dua di antaranya : 

Tak Dianjurkan: Penggunaan Disinfektan

Untuk lingkungan rumah, CDC mengungkapkan penggunaan disinfektan untuk membersihkan permukaan dan objek benda tak lagi dibutuhkan. Alasannya, bukti menunjukkan bahwa risiko penularan Covid-19 melalui kontak dengan permukaan atau objek di rumah yang terkontaminasi terbilang rendah.

Pada sebagian besar situasi, CDC mengatakan sabun dan deterjen sudah cukup untuk membersihkan permukaan dan objek benda di rumah. Disinfeksi di area dalam ruangan hanya peru dilakukan bila ruangan tersebut pernah dikunjungi orang yang dicurigai atau sudah terkonfirmasi Covid-19 dalam waktu 24 jam.

Tak Dianjurkan: Fogging

Dalam sebagian besar kasus, fogging, pengasapan di area yang luas, atau penyemprotan elektrostatis tidak direkomendasikan sebagai metode utama disinfeksi. Metode ini juga dinilai memiliki beberapa risiko keamanan yang peru dipertimbangkan.

Selain itu, CDC mengatakan risiko penularan melalui kontak dengan permukaan yang terkontaminasi bisa diturunkan dengan menerapkan protokol kesehatan. Misalnya, penggunaan masker secara konsisten dan membiasakan diri untuk mencuci tangan dengan benar dan sering menggunakan sabun dan air mengalir.

Cara Membersihkan Rumah

Dalam kondisi normal, membersihkan permukaan dan objek di rumah cukup menggunakan sabun dan deterjen. Gunakan sabun dan deterjen untuk membersihkan area yang sangat sering disentuh secara rutin seperti gagang pintu, meja, pegangan, saklar lampu, dan meja dapur.

Lakukan pembersihan secara rutin dan setelah menerima tamu di rumah. Pembersihan juga bisa dilakukan ketika permukaan atau objek tampak kotor atau butuh dibersihkan.

Lakukan pembersihan lebih rutin bila ada orang di rumah yang dicurigai mengalami Covid-19. Dalam kondisi tersebut, selain pembersihan dengan sabun dan deterjen, penggunaan disinfektan juga diperlukan.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar