Warga Jogja Masih Keluhkan Kondisi Underpass Kentungan

  Rabu, 17 Maret 2021   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Underpass Kentungan. (SuaraJogja.id/Hiskia Andika)

AYOYOGYA.COM -- Sejak 14 Februari 2020 lalu, Underpass Kentungan telah diuji coba oleh pengendara kendaraan bermotor.

Terletak di simpang empat Jalan Kaliurang-Ringroad Utara, jalan tersebut sudah dibuka untuk umum dan bisa dilewati kendaraan.

Jalan alternatif ini memiliki panjang 900 meter, dengan kontruksi tertutup 189 meter. Memiliki fasilitas U-Turn yang bisa digunakan dalam kondisi darurat, underpass ini diharapkan bisa mengurai kemacetan hingga 70 persen.

Namun, setelah satu tahun lebih digunakan masih banyak warganet yang menyampaikan keluhan mengenai kondisi jalan tersebut.

Sebelumnya, sempat viral kisah pasien di dalam ambulans yang menjerit ketika melewati jalan tersebut.

Akun Instagram @jogja24jam sendiri membagikan video TikTok milik salah seorang pengendara sepeda motor. Dalam tayangan tersebut, pengendara sepeda motor menunjukkan suasana ketik melintasi area Underpass Kentungan.

Ada ketidaknyamanan ketika melewati bagian grill drainase yang membuat tubuh tergoncang cukup kuat. Sehingga, bagi penumpang kendaraan roda empat maupun pengemudi kendaraan roda dua, area tersebut tidak nyaman untuk dilalui.

Dibandingkan dengan underpass di Jombor, terdapat perbedaan yang cukup terlihat dalam video tersebut. Ketika pengendara sepeda motor melintas di underpass Jombor, jalanan mulus saja. Berbeda dengan underpass Kentungan yang membuat tubuh tergoncang.

"Piye perasaanmu pas lewat Underpass Kentungan lur? (bagaimana perasaanmu saat melintas underpass kentungan bro-red)," tulis akun @jogja24jam dalam keterangannya.

screenshot
Tangkapan layar Underpass Kentungan (Instagram/ @jogja24jam)

Sejak diunggah Senin (15/3/2021), video pengendara sepeda motor yang melintas di underpass Kentungan dan Jombor tersebut sudah ditonton lebih dari 38 ribu kali. Ada seratus lebih komentar yang ditinggalkan warganet.

Di kolom komentar, tidak sedikit warganet yang turut membagikan pengalaman serta perasaannya melintasi jalan tersebut. Banyak yang mengaku tidak nyaman karena adanya jalan yang tidak rata, sehingga cukup berbahaya jika melaju dengan kecepatan tinggi.

"Harus ekstra hati-hati, sering ada kendaraan yang masuk underpass dengan kecepatan tinggi dan tiba-tiba ngerem mendadak karena jeglong, jika tidak hati-hati dan jaga jarak bisa kaget dan nabrak dari belakang, semoga lekas diperbaiki kembali oleh pihak terkait," tulis akun @mayatati****.

Tonton videonya di sini

"Uji nyalimu duduk di kursi mobil paling belakang saat lewat underpas kentungan goncangannya berasa dari ujung rambut sampai ujung kaki," komentar akun @johan_setyawa*****.

"Kalau lewat Jantungnya kayak ketinggalan di belakang," tanggapan akun @widyalestari******.

Sementara akun @netflixid***** mengatakan, "Ngeri kalau kendaraan yang baru pertama lewat, bisa pecah ban."

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar