Link Pendaftaran Vaksinasi untuk Petugas Layanan Publik di Sleman

  Senin, 22 Februari 2021   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Ilustrasi vaksinasi (Pixabay)

SLEMAN, AYOYOGYA.COM — Dinkes Sleman mendata 15 kategori petugas pelayanan publik yang akan menerima vaksinasi tahap kedua.

Bila pada Tahap I ada sebesar 14.500 yang divaksin, maka pada Tahap II diestimasikan ada sebanyak 150.000 sasaran vaksin.

Kepala Dinas Kesehatan Sleman Joko Hastaryo menjelaskan, dibandingkan dengan vaksinasi tahap I, yang diberikan kepada SDM kesehatan, sasaran vaksinasi kepada petugas pelayanan publik dan lansia jumlahnya jauh lebih banyak.

Beberapa di antara 15 kategori tersebut antara lain pendidik, tokoh agama, pegawai pemerintah, TNI, Polri, transportasi publik, atlet, wartawan dan pekerja media, DPR/DPD/DPRD, BUMN, BUMD, dan beberapa kategori lain.

Melihat tingginya jumlah sasaran, Joko melihat ada tantangan yang harus dihadapi Dinkes Sleman pada vaksinasi tahap II.

"Sekitar 14.500 itu saja ada beberapa catatan, apalagi di pelaksanaan selanjutnya kalau seluruhnya bisa terkover sekitar 150.000, baik pelayan publik maupun lansia. Tingkat pelaksanaan, akan terlihat dari pendaftarannya. bagaimana caranya semua bisa ter-cover dengan baik," kata dia, Senin (22/2/2021).

Joko menekankan, vaksinasi COVID-19 merupakan bagian tak terpisahkan dari upaya bersama dalam menanggulangi COVID-19.

"Yang utama adalah penerapan protokol kesehatan atau kalau di Sleman kita mengenal Cita Mas Jajar," lanjut dia.

Plt Kasi Survim Bidang P2P Dinkes Sleman Dyah Arum Retnaningtyas menjelaskan, pendataan vaksinasi tahap kedua di Sleman sudah dimulai hari ini hingga Minggu (28/2/2021).

"Petugas pelayanan publik yang dimaksud di sini, yakni petugas yang lokasi kerjanya atau kantornya berada di Kabupaten Sleman. Nantinya, para petugas tersebut bisa mendaftarkan diri pada link daftarvaksin.slemankab.go.id,” ungkapnya.

Dyah menambahkan, vaksinasi tahap I tinggal menyelesaikan target yang belum selesai, diperkirakan akan terus berlangsung hingga akhir bulan ini.

"Untuk lansia fokus baru di ibu kota provinsi. Jadi di Kota Jogja. Jadi di Kabupaten Sleman menunggu infomasi lebih lanjut," terangnya.

Kabid P2P Dinkes Sleman Novita Krisnaeni mengatakan, tahapan vaksinasi di Sleman diperkirakan akan selesai pada Desember 2021. Untuk tahapan I yang ditujukan kepada SDM kesehatan sudah dimulai pada Januari hingga Februari 2021.

Sementara Tahap II, ditujukan kepada petugas pelayanan publik dan kelompok usia lanjut direncanakan dilakukan di pekan keempat Februari 2021.

Nantinya untuk tahap III, yang dilakukan pada Mei hingga Juli 2021 akan menyasar masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi, yang berusia 18 tahun ke atas.

"Tahap keempat, pelaksanaan Agustus hingga Desember 2021. Sasaran vaksinasi adalah masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya, sesuai dengan ketersediaan vaksin, yang berusia 18 tahun ke atas," paparnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar