Sultan Ikut Daftar Vaksinasi Covid-19 Gelombang Kedua

  Senin, 22 Februari 2021   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Gubernur DIY Sri Sultan HB X (Dok Humas Pemda DIY)

YOGYAKARTA, AYOYOGYA.COM — Vaksinasi COVID-19 gelombang kedua untuk warga DIY, termasuk lansia akan dimulai pada awal Maret.

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengaku ikut mendaftar. Namun pihaknya masih menunggu aplikasi dari Kemenkes.

"Ya saya ikut kalau ada lansia, ya kita belum tahu persis (aturannya)," paparnya, Senin (22/2/2021).

Keikutsertaan Sultan dalam program vaksinasi tersebut diharapkan menjadi contoh bagi masyarakat lain untuk mengikuti kebijakan tersebut. Sebab vaksinasi tersebut akan meningkatkan imunitas masyarakat di masa pandemi ini.

Program vaksinasi tersebut tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan diri sendiri namun juga orang lain. Penularan virus ke orang lain pun semakin diminalisir karena meningkatnya imunitas masing-masing orang.

“(Karena itu) yang muda-muda janganlah menolak (divaksin), karena yang lansia daftar. Kalau lansia ada persyaratannya,” paparnya.

Sementara Sekda DIY, Baskara Aji mengungkapkan pemda meneruskan kebijakan PPKM Mikro yang selama dua minggu terakhir diterapkan. Hal itu dilakukan dalam rangka menekan jumlah kasus positif baru COVID-19 di DIY.

“Hari ini diperpanjang sama dengan keputusan pusat, tidak ada aturan yang berbeda dari sebelumnya. Kita sama dengan yang kemarin, modifikasi kaitannya dengan posko RT/RW, jadi kita ikut pusat," ungkapnya.

Aji menambahkan, selama dua kali PPKM Mikro, kasus positif semakin menurun dengan rata-rata 200 kasus positif per hari. Jumlah ini turun dibandingkan sebelum PPKM.

Angka jumlah pasien sembuh pun juga semakin tinggi. Pemanfaatan bed atau tempat tidur di rumah sakit rujukan juga 51,65 persen dari total 470 bed.

"Dari laporan Satpol PP, pelanggran protokol kesehatan pun juga semakin menurun," imbuhnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar