Jakarta Banjir, Perjalanan Kereta dari Jogja Dibatalkan

  Minggu, 21 Februari 2021   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Ilustrasi jalur kereta api terendam banjir (Istimewa)

YOGYAKARTA, AYOYOGYA.COM — Banjir di sejumlah titik di Jakarta membuat perjalanan kereta api dari Stasiun Tugu menuju Ibu Kota dibatalkan.

Sebab ruas jalur pada petak jalan antara Kedunggedeh - Lemahabang Km 55+100 sampai dengan KM 53+600 masih terendam banjir.

Banjir tesebut membuat jalur rel tergenang. Selain itu aliran air yang cukup deras juga mengakibatkan pondasi batu balas pada rel tergerus air.

"Kami melakukan pembatalan perjalanan KA untuk keseluruhan jadwal keberangkatan hari ini dari Stasiun Yogyakarta menuju Jakarta dan sebaliknya," ungkap Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto, Minggu (21/02/2021).

Disebutkan Supriyanto, sejumlah KA yang akhirnya dibatalkan keberangkatannya adalah KA 254 Jayakarta (Pasar Senen-Surabaya Gubeng) keberangkatan pukul 17.10 WIB. Kereta ini seharusnya berangkat dari Pasar Senen menuju atau lewat Daop 6 Yogyakarta.

Sementara lima jadwal KA yang berangkat dari Daop 6 Yogyakarta menuju Pasar Senen juga terpaksa dibatalkan. Yakni KA Progo, relasi Lempuyangan - Pasar Senen, KA Senja Utama Solo, relasi Solo - Pasar Senen, KA Singasari, relasi Blitar - Pasar Senen, KA Jayakarta, relasi Surabaya Gubeng - Pasar Senen serta KA Bengawan, relasi Purwosari - Pasar Senen

Pembatalan jadwal juga terjadi untuk perjalanan KA dari Stasiun Gambir menuju atau lewat Daop 6 Yogyakarta. Yakni KA 76A Bima (Gambir-Surabaya Gubeng) keberangkatan Gambir pukul 17.00, KA 72A Gajayana (Gambir-Malang) keberangkatan Gambir pukul 18.10 dan KA 8A Argo Lawu (Gambir-Solo Balapan) keberangkatan Gambir pukul 20.00

Sementara KA lewat Daop 6 Yogyakarta menuju Gambir yang dibatalkan yakni KA Bima, relasi Surabaya Gubeng - Gambir, KA Gajayana, relasi Malang - Gambir serta KA Argo Dwipangga, relasi Solo Balapan - Gambir.

"Tim prasarana KAI saat ini masih melakukan perbaikan secara berkala, salah satunya dengan menurunkan bantalan beton pada rel yang tergenang air," jelasnya.

Supriyanto menambahkan, pelanggan KA yang sudah memesan tiket pada KA yang dibatalkan perjalanannya bisa melakukan pembatalan melalui aplikasi KAI Access ataupun loket pembatalan yang terdapat di stasiun. Pembatalan tiket karena KA batal akan dikembalikan 100 persen.

"Tiket KA yang batal berangkat akan dikembalikan penuh," imbuhnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar