Pandemi Bisa Jadi Peluang untuk Kembangkan Diri

  Rabu, 10 Februari 2021   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Ilustrasi (Istimewa via Ayosemarang.com)

AYOYOGYA.COM -- Anda dapat memanfaatkan waktu selama pandemi yang biasanya banyak dihabiskan di rumah untuk mengembangkan keahlian diri

Dengan meningkatkan kualitas diri, maka kita pun tak ikut berkembang, di tengah tantangan pandemi.

Co-Founder portal pengembangan karir TopKarir, Bayu Janitra Wirjoatmodjo mengatakan, pengembangan kemampuan dalam hidup meliputi pengembangan keterampilan untuk pekerjaan (hard skill) dan keterampilan sosial (soft skill). Bayu menerangkan, di masa pandemi seperti sekarang, penting bagi kita untuk mengembangkan keduanya.

"Contoh keterampilan sosial yang patut dikembangkan adalah manajemen stres. Salah satu cara untuk melatih manajemen stres adalah dengan bermeditasi," kata Bayu belum lama ini.

Keterampilan sosial yang tak kalah penting adalah komunikasi. Perubahan kebiasaan berada di rumah saja, membuat pola komunikasi pun berubah. Baik komunikasi dengan keluarga, maupun dengan atasan di kantor yang dilakukan pula di rumah. Pengembangan kemampuan komunikasi, bisa dilakukan dengan berlatih dan mencari kecocokan pola komunikasi yang tepat.

Lalu, Bayu mengatakan, pengembangan keterampilan untuk pekerjaan pun sangat perlu dikembangkan di masa seperti saat ini, mengingat perubahan pola kerja yang berubah menjadi bekerja dari rumah. Contoh keterampilan untuk pekerjaan yang penting adalah keterampilan teknis menggunakan video conference.

“Dulu orang di kantor banyak yang belum bisa menggunakan platform video conference. Sekarang mau tidak mau harus bisa,” ungkap dia.

Secara teknis pula, kita juga perlu mengembangkan teknik presentasi, mengatur audio sehingga dapat terdengar dan terlihat dengan baik. Serta, keterampilan yang juga tak kalah penting adalah pengembangan keterampilan bahasa.

Sebab, saat ini, banyak peluang dan kesempatan bagi siapapun untuk menjangkau pasar di luar negeri. Dengan menguasai keterampilan bahasa asing, maka jangkauan kita untuk melihat dunia pun akan lebih besar lagi.

Bayu menjelaskan, perlu beberapa cara untuk mengembangkan baik keterampilan sosial maupun keterampilan teknis untuk pekerjaan. Yang pertama adalah dengan mengetahui dan memetakan kekuatan diri sendiri. Hal itu bisa diketahui dengan melakukan tes minat dan bakat maupun tes psikologi.

“Dari tes itu, kita bisa tahu, apakah kita termasuk orang yang terorganisir dengan baik? Ataukah tidak?,” tutur dia.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar