Cara Daftar Uji Coba KRL Jogja Solo

  Senin, 01 Februari 2021   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Petugas kebersihan melakukan pekerjaannya di KRL Jogja-Solo saat uji coba terbatas pada Rabu (20/1/2021). - (SuaraJogja.id/Hiskia Andika)

AYOYOGYA.COM -- Warga DIY dan Solo Raya dapat mengikuti uji coba KRL Jogja-Solo yang dilaksanakan 1-7 Februari 2021.

Namun, masyarakat yang ingin mengikuti uji coba harus mendaftarkan diri melalui aplikasi KRL Access sebelum mendatangi stasiun.

Mereka yang bisa ke stasiun hanya yang telah sukses terdaftar dan memiliki kuota antrean. Sedangkan, untuk mendaftar aplikasi KRL Access bisa diunduh melalui Play Store untuk ponsel Android atau App Store untuk ponsel iOS.

Mereka yang ingin mengikuti uji coba dapat mengakses menu 'Ambil Antrian' dalam aplikasi. Menu itu akan aktif mulai 00.00 WIB setiap hari, sehingga pendaftaran hanya dapat dilakukan pada hari yang sama dengan rencana perjalanan.

VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba mengatakan, bila kuota peserta masih tersedia calon peserta dapat memilih stasiun keberangkatan dan jadwal KRL yang ingin dinaiki. Tertera pilihan waktu mulai masuk pintu stasiun (boarding).

Kemudian, konfirmasi pilihan keberangkatan dan pastikan muncul konfirmasi jika antrean telah terdaftar. Untuk mengikuti uji coba pada jadwal yang dipilih, pastikan datang sesuai waktu masuk stasiun untuk keberangkatan.

"Saat memasuki rentang waktu masuk stasiun, buka menu 'check in'. Setelah masuk menu ini, akan ada tampilan dengan warna dominan hijau yang menandakan kalau Anda dapat masuk stasiun dan rangkaian KRL uji coba," kata Anne, belum lama ini.

Bila tampilan yang muncul warna dominan merah, artinya belum tiba waktu untuk masuk stasiun dan rangkaian kereta. Melalui mekanisme pendaftaran daring dan antrean, KAI Commuter memberlakukan kuota peserta uji coba untuk tiap stasiun.

Hal ini dilakukan untuk mencegah kepadatan di stasiun dan menjaga jarak aman di stasiun maupun kereta. Saat hendak mengikuti uji coba, pastikan sudah memiliki tiket yang sesuai untuk naik KRL atau Kartu Multi Trip (KMT) dari KAI Commuter.

Dapat pula kartu uang elektronik dari Bank yaitu Mandiri E-money, BNI Tapcash, Brizzi BRI dan Flazz BCA. Untuk KMT sudah dapat dibeli di seluruh loket stasiun yang melayani KRL dengan harga Rp 30.000, termasuk saldo Rp 10.000.

Setiap KMT atau kartu elektronik bank hanya berlaku untuk satu orang. Sejumlah aturan pendaftaran atau ambil antrean peserta uji coba KRL yang patut dipahami yaitu satu antrean ini hanya berlaku untuk satu orang.

Sehingga, bila tiga calon peserta hendak pergi bersama, maka ketiganya harus memiliki antrean yang sukses dan sesuai di aplikasi KRL Access masing-masing. Satu antrean juga berlaku untuk satu perjalanan, tidak berlaku pulang pergi.

"Bila Anda hendak mengikuti uji coba pulang-pergi, pastikan mengambil antrean untuk dua perjalanan (pergi dan pulang). Untuk mencegah satu orang mengambil banyak antrean, setiap akun KRL Access yang digunakan hanya dapat memiliki dua antrean berstatus aktif," ujar Anne.

Calon peserta juga harus mempersiapkan diri untuk mengikuti berbagai protokol kesehatan di stasiun dan kereta. Pengukuran suhu tubuh, wajib memakai masker kain tiga lapis atau masker kesehatan, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Selama tujuh hari pelaksanaan, KAI Commuter mengoperasikan delapan perjalanan KRL per hari di lintas Yogyakarta-Solo (PP) mulai 08.45-16.38. Selama uji coba, KA Prameks juga masih melayani rute yang sama dengan jadwal yang ada hari ini.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar