Cara Naik KRL Jogja-Solo dengan Tarif Rp1

  Selasa, 26 Januari 2021   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Suasana di dalam gerbong KRL Jogja-Solo saat uji coba terbatas pertama pada Rabu (20/1/2021). - (SuaraJogja.id/Hiskia Andika)

AYOYOGYA.COM — KRL Jogja-Solo tengah diuji coba sebelum resmi mengangkut penumpang.

Pada masa uji coba ini, tarif KRL Jogja-Solo hanya Rp 1. Lalu bagaimana cara naik KRL Jogja-Solo di masa uji coba tersebut?

Mulai tanggal 1 Februari 2021 mendatang, kereta rel listrik Yogyakarta-Solo (KRL Jogja-Solo) akan mulai diujicobakan bagi masyarakat umum. Nantinya masa uji coba terbatas tersebut akan berlangsung hingga tanggal 7 Februari 2021.

Cara naik KRL Jogja-Solo di masa uji coba dengan tarif Rp 1 sebenarnya cukup mudah. Bagi anda yang ingin mencoba moda transportasi baru ini perlu melakukan pendaftaran dahulu secara online.

Pendaftaran Penumpang KRL Jogja-Solo di Masa Uji Coba

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menjelaskan, untuk masyarakat yang ingin mencoba naik KRL Yogyakarta-Solo di masa uji coba maka bisa melakukannya dengan mendaftar secara online terlebih dahulu. Pendaftaran online dapat dilakukan melalui aplikasi KRL Access yang dapat diunduh di Playstore atau Appstore.
1. Setelah berhasil mengunduh aplikasi, selanjutnya ikuti langkah mengaktifkan akun di KRL Access.
2. Selanjutnya jika ingin mengikuti uji coba KRL Jogja-Solo, langsung klik menu "Ambil Antrean" yang ada pada aplikasi.
3. Menu "ambil antrean" tersebut akan aktif mulai pukul 00.00 WIB setiap harinya. Jadi, pendaftaran untuk ikut uji coba hanya dapat dilakukan pada hari yang sama dengan rencana Anda mengikuti perjalanan uji coba KRL.
4. Apabila kuota masih tersedia, maka peserta dapat memilih stasiun keberangkatan dan jadwal KRL uji coba yang akan dinaiki. Sementata informasi terkait jadwal akan tertera keterangan waktu untuk boarding (waktu mulai masuk gate stasiun) dan waktu keberangkatan kereta.
5. Tahap selanjutnya adalah konfirmasi pilihan keberangkatan, dan pastikan muncul tampilan yang mengonfirmasi keberhasilan pengambilan antrean.

Jadwal Keberangkatan
Jika Anda ingin mengikuti uji coba KRL Jogja-Solo, pastikan Anda datang saat jadwal yang telah dipilih. Selain itu, datanglah sesuai dengan waktu untuk boarding.

Menu "Check In" pada aplikasi KRL Access, nantinya akan ada tampilan dengan warna dominan hijau yang menandakan bahwa Anda dapat masuk ke stasiun dan rangkaian KRL uji coba.

Namun jika tampilan yang muncul adalah warna dominan merah, itu artinya belum tiba waktu untuk masuk stasiun dan rangkaian kereta. Jika Anda melewati waktu keberangkatan, maka yang akan muncul setelah menu ini diklik adalah tampilan dengan warna dominan merah.

Aturan Pendaftaran untuk Naik KRL Jogja-Solo
Terdapat sejumlah aturan pendaftaran untuk naik KRL Jogja-Solo yang perlu diperhatikan, yaitu:
1. Satu antrean hanya berlaku untuk satu orang. Jadi, jika ada tiga calon peserta yang ingin pergi bersama maka ketiganya harus memiliki antrean yang sesuai pada aplikasi KRL Access di masing-masing ponselnya.
2. Satu antrean hanya berlaku untuk satu perjalanan, tidak berlaku untuk pulang-pergi. Jika Anda ingin mengikuti uji coba pulang pergi, pastikan telah mengambil antrean untuk dua perjalanan (perjalanan pergi dan perjalanan pulang). 
3. Setiap akun KRL Acces yang digunakan hanya dapat memiliki dua antrean yang berstatus aktif.
4. KAI Commuter memberlakukan kuota peserta uji coba untuk setiap stasiunnya untuk mencegah kepadatan di stasiun. Hal ini dilakukan untuk memastikan ketentuan jaga jarak aman di stasiun ataupun kereta terpenuhi. Oleh karena itu, KAI Commuter mengimbau seluruh masyarakat hanya datang ke stasiun untuk ikut uji coba KRL apabila telah mendapatkan kuota peserta atau antrean dari aplikasi KRL Access.
5. Calon peserta yang ingin ikut merasakan uji coba KRL Jogja-Solo wajib memiliki tiket yang sesuai untuk naik KRL.
6. Masyarakat dapat menggunakan Kartu Multi Trip (KMT) yang bisa didapatkan di seluruh loket stasiun dengan harga Rp 30.000, yang berisi saldo Rp 10.000.
7. Setiap KMT atau kartu uang elektronik bank hanya berlaku untuk satu orang saja. 
8. Pada masa uji coba, tarif perjalanan yang dikenakan adalah sebesar Rp 1 untuk setiap perjalanan.
9. Peserta yang ingin ikut uji coba naik KRL Jogja-Solo diharapkan untuk mengikuti protokol kesehatan di stasiun dan kereta.
KRL Jogja-Solo akan diuji coba dalam dua tahap. Tahap awal uji coba dilakukan sejak tanggal 20 Januari-31 Januari 2021 dengan undangan terbatas.

Demikian cara naik KRL Jogja-Solo di masa uji coba dengan tarif Rp 1, mulai dari pendaftaran online di aplikasi KRL Access hingga aturan-aturan yang perlu diperhatikan oleh penumpang.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar