Lansia dan Anak-Anak Diimbau Ibadah di Rumah Saja Selama PTKM

  Jumat, 08 Januari 2021   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Ilustrasi virus corona menghantui Asia (Shutterstock)

BANTUL, AYOYOGYA.COM -- Pemkab Bantul bakal menerapkan Pengetatan Secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM).

Kebijakan itu mulai berlaku pada 11-25 Januari 2021 mendatang. 

Sekda Bantul Helmi Jamharis mengatakan bahwa ada delapan bidang yang akan disasar untuk penerapan pengetatan tersebut. Salah satunya bidang peribadatan.

"Kami soroti juga di bidang peribadatan. Kami tetap memperbolehkan dan membuka tempat ibadah," kata Helmi, Jumat (8/1/2021).

Instruksi gubernur menyebutkan bahwa tempat ibadah cukup diisi 50 persen dari total jemaah yang bisa ditampung. Pemkab Bantul mengimbau agar lansia dan anak-anak cukup beribadah di rumah masing-masing.

"Jika bidang peribadatan, kami anjurkan terutama lansia dan anak-anak untuk tidak mengikuti (ke tempat ibadah). Anak-anak di sini yang belum balig (belum diwajibkan salat), dan juga lansia," katanya.

Bukan tanpa alasan pembatasan bagi lansia dan anak-anak di rumah ibadah. Pasalnya, dua kelompok tersebut rentan terhadap penularan Covid-19.

"Jika lansia, kami memandang dari kerentanan sisi kesehatan," ujar dia.

Helmi berharap, pengelola ibadah tetap memperhatikan protokol kesehatan di seluruh tempat ibadah. Meski dibatasi, penyebaran virus Covid-19 harus dilakukan oleh masing-masing masyarakat. Ia melanjutkan bahwa sampai saat ini Pemkab Bantul masih melakukan penyempurnaan instruksi Gubernur yang nantinya diturunkan menjadi instruksi Bupati.

"Saat ini masih kami koordinasikan kembali. Namun, Bantul ikut melakukan pembatasan yang dilakukan oleh Pemda DIY, nanti tinggal menunggu tanda tangan dari Bupati," katanya.

Ia menjelaskan, meski instruksi Bupati tersebut masih dalam penyempurnaan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi di tingkat kapanewon dan juga kalurahan.

"Sudah kami lakukan sosialisasi agar pembatasan ini dapat diterapkan di masing-masing wilayah yang ada di Bantul. Penerapannya berlaku dari 11-25 Januari 2021," kata Helmi.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar