Terjangkau, Stasiun Tugu Sediakan Rapid Test Antigen

  Senin, 21 Desember 2020   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Stasiun Yogyakarta atau Stasiun Tugu - (SUARA/Eleonora PEW)

YOGYAKARTA, AYOYOGYA.COM — Stasiun Tugu Yogyakarta akan melayani rapid test antigen yang menjadi syarat perjalanan kereta api jarak jauh.

Manajemen Stasiun Tugu berharap layanan tersebut bisa diakses mulai Selasa besok (22/12/2020).

"Kami sedang menyiapkan tempatnya. Dimungkinkan sama seperti tempat layaan rapid test antibodi, tetapi bilik pemeriksaannya saja yang ditambah," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta Supriyanto, Senin (21/12/2020).

Menurutnya, penambahan bilik pemeriksaan tersebut dibutuhkan karena pengambilan sampel untuk tes cepat antigen ini membutuhkan waktu yang lebih lama dibanding untuk tes cepat antibodi sehingga penambahan bilik dapat mengurangi potensi antrean.

Rapid test antigen di Stasiun Tugu tersebut juga hanya diperuntukkan bagi masyarakat yang sudah memiliki kode booking tiket untuk perjalanan menggunakan kereta jarak jauh.

Penumpang kereta api yang ingin memanfaatkan layanan tes cepat antigen di Stasiun Tugu Yogyakarta juga disarankan untuk melakukan pemeriksaan pada H-1 keberangkatan.

"Hasil rapid test akan diperoleh dalam waktu sekitar 20 hingga 30 menit usai pengambilan sampel," katanya seperti dilansir dari Antara dan Republika.

Layanan tes cepat antigen di Stasiun Tugu dibuka mulai pukul 07.00 WIB hingga 20.30 WIB karena banyak perjalanan kereta yang dilakukan malam hari dari Yogyakarta. Biaya untuk mengikuti pemeriksaan tes cepat antigen tersebut ditetapkan Rp105.000 dan hasil pemeriksaan berlaku selama 3x24 jam.

"Syarat menyertakan rapid test antigen dengan hasil nonreaktif atau PCR dengan hasil negatif ini berlaku untuk perjalanan kereta jarak jauh saja. Untuk hasil PCR berlaku selama 14 hari usai pemeriksaan," katanya.

Selain hasil tes cepat antigen atau PCR, menurut Supriyanto, seluruh penumpang kereta api juga harus dalam kondisi yang sehat, tidak sedang flu, pilek, batuk, dan demam.

"Kami juga berupaya menambah lokasi layanan rapid test antigen di Daop 6. Salah satunya kami upayakan untuk membuka layanan di Stasiun Solo Balapan. Kini sedang kami koordinasikan," katanya.

Sementara untuk kereta api lokal, penumpang tidak perlu menyertakan hasil tes cepat antigen atau PCR, tetapi diminta untuk selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat, yaitu memakai masker dan menjaga jarak.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar