KAI Jogja Sebut Kereta Tambahan untuk Nataru Sesuai Kebutuhan

  Sabtu, 28 November 2020   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Ilustrasi kereta api jarak jauh (Ayobandung.com/Kavin Faza)

AYOYOGYA.COM — PT KAI (Persero) Daop VI Yogyakarta akan menambah rangkaian kereta api sesuai dengan kebutuhan masyarakat pada libur Natal dan Tahun Baru.

"Di sini, kami meminta masyarakat aktif membuka KAI Access karena nanti kereta api tambahnya tidak serentak tetapi bertahap," kata Manajer Humas PT KAI Daop VI Yogyakarta Eko Budiyanto, Jumat (28/11/2020).

Dia mengatakan, tiket sudah bisa dibeli sejak saat ini. "Kereta api terus menyesuaikan dengan kondisi karena saat ini masih pandemi. Ada wacana dari pemerintah mengurangi hari cuti libur. Intinya kami siap dan menyesuaikan," katanya seperti dilansir dari Antara dan Republika.

Sejauh ini, KA jarak jauh dari dan ke Solo yang beroperasi adalah KA Argo Lawu, KA Argo Dwipangga, KA Senja Utama Solo, KA Bengawan, KA Gaya Baru Malam Selatan, dan KA Singasari. Mengenai protokol kesehatan, saat ini PT KAI masih menerapkan tingkat okupansi maksimal 70 persen.

"Jangan sampai kereta api malah dituduh jadi klaster. Kami tidak semata-mata profit, ini demi mendukung program pemerintah, yaitu ikut memutus mata rantai penularan Covid-19," katanya.

Sementara itu, PT KAI mencatat beberapa kereta api yang dijadwalkan beroperasi pada periode akhir tahun di rute Daop VI di antaranya KA Gajahwong dan KA Bogowonto dengan rute Lempuyangan-Pasar Senen. Selain itu, ada pula KA Senja Utama Solo rute Solobalapan-Pasar Senen, Mataram rute Pasar Senen-Solobalapan, Fajar Utama Yogya rute Yogyakarta-Pasar Senen, dan Senja Utama Yogya rute Pasar Senen-Yogyakarta.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar