Tarif dan Daftar Stasiun KRL Jogja-Solo

  Selasa, 10 November 2020   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Ilustrasi KRL. (Istimewa)

YOGYAKARTA, AYOYOGYA.COM — Ada kabar baik untuk warga Yogyakarta, Surakarta, dan sekitarnya.

Sebab, kereta api (KA) lokal Prambanan Ekspres (Prameks) akan digantikan dengan kereta rel listrik (KRL). KRL tersebut rencananya akan melintas di 11 stasiun Jogja-Solo.

Uji coba KRL Jogja-Solo tahap pertama akan dioperasikan di relasi Jogja-Klaten pada awal November 2020.

Sebelumnya, uji coba KRL Jogja-Klaten dijadwalkan pada awal Oktober 2020. Akan tetapi, rencana tersebut diganti pada 3-9 November 2020 tanpa penumpang.

Setelah itu, pada 10 November 2020, uji coba KRL Jogja-Solo akan dilakukan dengan sejumlah penumpang (PP). Uji coba akan dilakukan sebanyak 10 trip setiap harinya.

KRL Jogja-Solo ini memiliki kecepatan maksimal 90 km/jam berbeda dengan KA Prameks yang hanya 70 km/jam. Daya tampung KRL pun juga lebih banyak yakni 6 penumpang setiap 1 meter dan 200 penumpang untuk 1 gerbong kereta.

Rencananya, KRL Jogja-Solo ini baru bisa beroperasi penuh pada awal 2021. Meski waktu tempuhnya sama dengan KA lokal yakni 82 menit, tapi yang membedakan ialah KRL ini akan singgah naik turunkan penumpang di 11 stasiun dari Jogja-Solo yang sebelumnya oleh KA Prameks hanya 6 stasiun.

Berikut daftar stasiun KRL Jogja-Solo.

        Yogyakarta
        Lempuyangan
        Maguwo
        Brambanan
        Srowot
        Klaten
        Ceper
        Delanggu
        Gawok
        Purwosari
        Solo Balapan

Tarif KRL Jogja-Solo

Sementara untuk tarif KRL Jogja-Solo kemungkinan sama dengan tarif KRL di Jabodetabek yakni 1-25 km pertama Rp 3.000,- dan 10 km berikutnya ada tambahan Rp 1.000,- dan berlaku kelipatan. Meski begitu, ketentuan harga tiket ini menunggu regulasi lebih lanjut.

Sementara itu, pembelian tiket KRL Jogja-Solo ini dilakukan secara non tunai (cashless) melalui Kartu Multi Trip (KMT), Tiket Harian Berjamin (THB), dan e-money oleh perbankan.

Selama masa uji coba KRL Jogja-Solo, KA Prameks akan beroperasi seperti biasa. Sehingga penumpang masih bisa menaiki KA Prameks hingga KRL Jogja-Solo siap beroperasi.

Apakah Anda sudah tak sabar menaiki KRL Jogja-Solo tahun 2021 mendatang?

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar