4 Seniman Muda Unjuk Gigi di Jogja Art Week 2020

  Kamis, 05 November 2020   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Salah satu karya Reza di Jogja Art Week 2020 saat acara pembukaan (Suara/Hiromi)

YOGYAKARTA, AYOYOGYA.COM -- Jogja Art Week 2020 resmi digelar Rabu (04/11/2020).

Terpilih menjadi salah satu venue Jogja Art Week 2020, sejumlah karya seniman muda dipamerkan di ARTOTEL Yogyakarta. 

Seniman muda terpilih, yang secara bergilir akan memamerkan karya mereka di ARTOTEL Yogyakarta ialah Fajar Amali, Reza 'Kutjh' Yudha, Fahri Afrizal, dan juga Raka Hadi Permadi. 

Empat seniman muda berbakat ini berasal dari berbagai universitas di Yogyakarta. Sebelum akhirnya bisa menampilkan karya mereka di Jogja Art Week 2020, para seniman muda ini telah melalui tahap seleksi proposal. 

Sebanyak 20 proposal diajukan oleh berbagai seniman untuk dapat melakukan pameran ini. Proposal-proposal ini kemudian dikurasi oleh tim Jogja Art Week 2020, termasuk salah satunya yakni Bambang 'Toko' Witjaksono.

"Harapan kami, semoga dengan adanya acara ini semangat para seniman muda tetap menyala dan terus dapat dikembangkan di masa mendatang," ujar Bambang saat memberikan sambutan pembukaan Jogja Art Week 2020 secara daring.

Pameran seni dari Jogja Art Week ini berlangsung mulai 4 November 2020 sampai dengan 2 Desember 2020. Masing-masing seniman, akan secara bergilir, mempresentasikan karya mereka di salah satu sudut ruangan lobby ARTOTEL Yogyakarta. 

Karya terpilih dalam Jogja Art Week 2020 tersebut, tampak selaras dengan interior bergaya artsy yang menjadi ciri khas dari ARTOTEL Yogyakarta. 

Jogja Art Week sendiri sebelumnya ada payung publikasi bagi acara seni di Yogyakarta. Mereka biasanya selalu hadir beriringan dengan Art Jog, sebuah festival seni yang rutin diadakan setiap tahun.

Dikarenakan Covid-19, banyak kegiatan seni yang harus terhenti dan kemudian melakukan perubahan pada format acaranya.

Jogja Art Week bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan DIY untuk menggali potensi dan memberikan eksposur pada seniman muda.

Reza 'Kutjh' Yudha, salah satu seniman muda terpilih, mengatakan bila pameran ini cukup menantang baginya. Hal ini lantaran Jogja Art Week 2020 menjadi momen pameran pertamanya sebagai individu.

"Saya sangat antusias karena pameran ini bisa memperkenalkan karya saya ke khalayak yang lebih luas. Dan tentu saja semoga pesan dari dalam karya saya juga tersampaikan dengan baik" ucapnya saat pembukaan pameran Jogja Art Week 2020.

Berbagai karya akan dihadirkan dengan tema berbeda-beda. Seperti Reza dan Fajar dengan tema ruang dan waktu, Raka dengan tema pandemi Covid-19, serta Fakhri yang mengangkat tema muatan lokal aksara Jawa yang divisualisasikan secara lebih modern.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar