BCA Ajak Masyarakat Wisata Virtual di Jogja

  Rabu, 04 November 2020   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Ilustrasi desa wisata (Instagram/@vindyaian)

YOGYAKARTA, AYOYOGYA.COM -- Akhir tahun biasanya saat yang tepat untuk berlibur.

Namun, pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan sebagian besar negara di dunia saat ini mengharuskan kita untuk meminimalisir aktivitas di luar rumah.

Melihat hal ini, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berinovasi dengan mengajak nasabah dan masyarakat Indonesia berlibur secara virtual ke desa-desa binaan BCA di berbagai wilayah Indonesia melalui program Talkshow Instagram Live 'Liburan dari Rumah' (LDR). Talkshow LDR terakhir membahas desa binaan BCA yang berlokasi di Yogyakarta.

Episode perdana Talkshow Instagram Live LDR 'Liburan dari Rumah' menghadirkan Executive Vice President CSR BCA Inge Setiawati, Vice President CSR BCA Ira Bachtar, serta seorang travel blogger, Kadek Arini, sebagai narasumber pada Kamis (22/10/2020). Acara ini disiarkan langsung melalui akun Instagram @goodlifebca dan Youtube SolusiBCA.

Selanjutnya, program ini akan dilaksanakan setiap hari Kamis pukul 7 hingga 8 malam dengan menghadirkan berbagai narasumber yang akan mengupas tuntas keunikan serta potensi berbagai desa wisata binaan BCA.

"Indonesia memiliki kekayaan alam dan keanekaragaman budaya yang membuat setiap daerah memiliki daya tariknya masing-masing. Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia mencatat hingga Desember 2019, jumlah pulau hasil validasi dan verifikasi Indonesia mencapai 17.491 pulau. Melalui program Talkshow Instagram Live LDR ‘Liburan dari Rumah’, BCA ingin memperkenalkan masyarakat kepada desa-desa binaan BCA yang patut menjadi pilihan untuk dikunjungi saat berlibur," kata Inge dalam siaran persnya, Rabu (4/11/2020).

Pada program ini juga dibahas terkait bentuk pembinaan yang dilakukan oleh CSR BCA kepada desa-desa binaan yaitu berfokus pada pengembangan sumber daya manusia pengurus desa, standardisasi branding, atau merancang hingga melaksanakaan kegiatan-kegiatan promosi hingga standardisasi fisik yaitu efeketivitas dan efisiensi fasilitas umum pendukung.

BCA sejauh ini selalu mendukung perkembangan pariwisata melalui berbagai upaya pembangunan, pengembangan, hingga pelatihan pengurus desa binaan. Saat ini BCA memliki 12 desa binaan yang tersebar di Sumatera, Jawa, dan Bali.

Di Yogyakarta, terdapat tiga desa binaan yakni Wirawisata Goa Pindul; Desa Wisata Pentingsari; serta Wisata Wayang Desa Wukirsari. Sementara kesembilan desa wisata binaan lainnya adalah Kampung Batik Gemah Sumilir; Doesoen Kopi Sirap; Desa Wisata Tamansari; Desa Wisata Pucak Tinggan; Desa Binaan Gunong Lumut; Desa Binaan Bukit Peramun; Desa Binaan Wisata Aik Rusa Berehun; Kampung Adat Sijunjung; serta Nagari Silokek.

Saat munculnya pandemi Covid-19, pelatihan desa binaan lebih difokuskan kepada pemanfaatan sarana digital dan penyesuaian diri sehingga mampu beradaptasi.

"Desa binaan BCA siap menyambut wisatawan di era new normal mendatang. Program Talkshow Instagram Live LDR ‘Liburan dari Rumah’ diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat untuk berkunjung. Kami juga berharap dapat turut menggerakkan roda perekonomian Indonesia melalui sektor pariwisata," kata Inge.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar