Penumpang YIA Meningkat 100 Persen

  Senin, 02 November 2020   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Ruang tunggu keberangkatan Bandara YIA tampak sepi penumpang, Sabtu (4/4/2020) - (SuaraJogja.id/Hiskia Andika)

KULON PROGO, AYOYOGYA.COM -- Yogyakarta International Airport (YIA) mencatat, ada lonjakan penumpang selama libur panjang pekan lalu.

Tak tanggung-tanggung, kenaikan jumlah penumpang tersebut mencapai 100 persen dibanding hari biasa selama pandemi Covid-19.

Hal ini disampaikan langsung oleh PTS General Manager (GM) YIA, PT Angkasa Pura I, Agus Pandu Purnama. kepada media, Pandu menyebut, ada kenaikan cukup signifikan dalam lima hari libur kemarin.

"Dari jumlah yang biasanya paling besar itu 4.000 penumpang pada tanggal 28 Oktober kemarin bisa sampai 6.256 penumpang atau sekitar naik sekitar 40 persen," ujar Pandu, Senin (2/11/2020).

Ia mengatakan, kenaikan jumlah penumpang di Bandara YIA didominasi oleh kedatangan. Tercatat hampir 4.000 lebih penumpang sendiri berasal dari kedatangan sedangkan sisanya dari keberangkatan.

Sementara, pada tanggal 1 November kemarin yang masih terus didominasi oleh penumpang keberangkatan. Awal bulan memang diprediksi jadi arus balik. Tercatat ada 8.013 penumpang yang berangkat dari Bandara YIA.

"Ada paling banyak total 22 flight ke Jakarta. Kalau sudah mencapai angka 8.000 berarti kenaikannya 100 persen dibandingkan selama pandemi Covid-19 atau hari normal biasanya," ungkapnya.

Pandu menuturkan, kebijakan pemerintah saat ini memberi angin segar bagi masyarakat yang hendak berlibur selama libur panjang beberapa hari lalu.

Kendati begitu pihaknya tidak lepas untuk selalu mengimbau semua pengguna jasa bandar udara taat protokol kesehatan.

"Liburan atau berwisata itu boleh saja, tapi tetap harus selalu melakukan protokol kesehatan. Itu juga sebagai bagian dari adaptasi kebiasaan baru," ucapnya.

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, PT. Angkasa Pura I sudah menyiapkan protokol kesehatan (prokes) yang cukup lengkap di Bandara YIA. Protokol kesehatan di bandara itu tersedia mulai dari pintu masuk bandara hingga saat penumpang akan meninggalkan bandara.

Setiap penumpang diwajibkan untuk selalu mengenakan masker, tidak hanya penumpang saja, bahkan mitra bandara dan petugas juga wajib menggunakan masker. Selain itu, physical distancing atau jaga jarak juga diberlakukan di seluruh area bandara tersebut.

Calon penumpang juga diwajibkan melengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan sebagai syarat jika hendak melakukan penerbangan. Berkas utama yang wajib dibawa calon penumpang adalah surat kesehatan bebas Covid-19 yang secara resmi dikeluarkan oleh instansi kesehatan terkait.

"Protokol kesehatan di Bandara YIA saat sedang ramai pun kita selalu jalankan dengan sangat ketat. Sehingga kita jamin keamanan dan kenyamanan penumpang bisa terus terpupuk hingga rasa yakin untuk mengakses bandara ini terus terbentuk," pungkasnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar