Peran Orang Tua dan Guru dalam Kembangkan Kreativitas Anak Saat Pandemi

  Rabu, 21 Oktober 2020   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Ilustrasi sekolah daring dengan pendampingan orang tua (psychiatryadvisor.com)

AYOYOGYA.COM — Adanya Covid-19 mengharuskan masyarakat untuk di rumah saja.

Hal itu sesuai dengan surat edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) pada Satuan Pendidikan. Dengan, protokol kesehatan tersebut masyarakat dapat berusaha mencegah penularan virus corona.

Adapun kita juga harus mentaati protokol kesehatan seperti, menghindari dari keramaian, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, memakai masker, dan tetap menjaga kesehatan.

Kreativitas adalah suatu pengekpresian dan kemampuan individu untuk meciptakan sesuatu yang baru, walau pun di tengah pandemi seperti ini yang terus meningkat, kreativitas harus tetap berkembang supaya tetap menghasilkan hal-hal baru. Dan tentunya bagi seorang pendidik harus lebih mempersiapkan dirinya untuk sekreatif mungkin.

Pembelajaran yang dilakukan secara daring atau online tentunya tidak terlalu efektif. Tingkat kreativitas saat belajar online lebih rendah dibandingkan dengan belajar tatap muka seperti biasanya.

Lalu bagaimana cara meningkatkan kreativitas siswa ditengah pandemi seperti ini supaya semakin berkembang?

Tumbuh Kembangkan Kreativitas

Bagi seorang pendidik tentunya harus bisa tetap meningkatkan kreativitas siswa, contohnya, yaitu dengan memberikan tugas seperti membuat origami, menggambar, membuat anyaman dari kertas, menyulam, dan kreativitas lainnya yang dapat meningkatkan kreativitas siswa. Dengan begitu mereka akan menemukan hal-hal baru yang belum mereka lakukan sebelumnya.

Namun dalam hal pengerjaan tersebut tentunya peran orang tua juga sangat dibutuhkan untuk memberikan arahan-arahan kepada anaknya. Karena peran orang tua tersebut dapat meningkatkan kreativitas anaknya, selain meningkatkan kreativitas anak orang tua dapat membimbing anaknya dengan menemukan hal-hal baru agar anak dapat bermain dan berkreativitas didalam rumah dengan suasana tidak membosankan, dengan begitu anak tersebut dapat menahan diri agar tidak bermain diluar rumah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Maka dari itu, diharap para guru alangkah baiknya memberikan arahan kepada orang tua untuk mendampingi anaknya di dalam rumah dalam mengembangkan kreativitas dan pelajaran lainnya. Karena selama pandemi peran orang tua sangat dibutuhkan, dengan begitu anak tersebut tidak bermain keluar rumah dan tetap menjalani protokol kesehatan seperti yang dianjurkan pemerintah, hal tersebut secara tidak langsung dapat memutus rantai penularan Covid-19.

 

Penulis: Siti Nur Ainiyah/Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar