Update Covid-19 DIY: 40 Kasus Baru, Mayoritas di Bantul

  Minggu, 18 Oktober 2020   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Ilustrasi virus corona (Ist)

BANTUL, AYOYOGYA.COM — Kasus Covid-19 di DIY bertambah banyak.

Sempat turun beberapa hari terakhir, akan tetapi pada Minggu (18/10/2020), kasus baru kembali naik di angka 40 kasus. 

"Penambahan 40 kasus baru ini dari hasil pemeriksaan 592 sampel dan 526 orang. Dengan demikian  total kasus positif COVID-19 di DIY hingga kini mencapai 3.325 kasus," ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Pemda DIY, Berty Murtiningsih, Minggu.

Sleman tidak lagi mencatatkan kasus paling banyak. Justru Bantul kembali menambah paling banyak kasus baru yang mencapai 19 kasus.

Disusul Sleman dengan 16 kasus, Kota Yogyakarta dan Kulon Progo masing-masing dua kasus. Sedangkan Gunungkidul mencatatkan 1 kasus baru.

Menurut Berty, Gugus Tugas belum banyak mendapatkan informasi riwayat awal kasus baru di Bantul yang cukup banyak tersebut. Namun ada sekitar 6 kasus yang sudah terdata di Bantul tetapi belum ada di mapping kasus DIY dari hasil verifikasi data. 

"Sehingga sangat mungkin jumlah yang diumumkan di Bantul dan DIY ada selisih," jelasnya.

Berty menambahkan, distribusi kasus baru berdasarkan riwayat dari tracing kontak kasus mencapai 15 kasus. Dari skrining pasien 1 kasus, pelaku perjalanan 5 kasus dan periksa mandiri 3 kasus. Sedangkan 16 kasus masih dalam penelusuran.

64 Kasus

Sementara untuk kasus sembuh, ada tambahan 64 kasus. Sehingga total kasus sembuh di DIY sebanyak 2.615 kasus.

Kasus sembuh paling banyak dari Sleman yang mencapai 51 kasus. Kemudian Kota Yogyakarta dengan 9 kasus dan Gunungkidul dengan 2 kasus. Kasus sembuh dari luar wilayah juga bertambah 2 kasus.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar