Cara Dapat Uang Meski di Rumah Saja

  Senin, 12 Oktober 2020   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Ilustrasi -- olshop (pixabay)

AYOYOGYA.COM — Uang merupakan materi yang dibutuhkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Apalagi, di tengah pandemi Covid-19 yang sudah hampir satu tahun lamanya.

Bukan hanya itu, pandemi ini menyebabkan perusahaan, pasar, objek wisata tutup sementara. Bahkan, perjalanan jarak jauh pun harus dibatasi.

Hal ini membuat masyarakat bingung untuk mendapatkan uang demi keberlangsungan hidupnya.

Meski sebagian kepala keluarga diberikan bantuan oleh pemerintah berupa uang bulanan maupun bahan pangan seperti sembako, hal itu tidak dapat menutupi biaya yang diperlukan untuk keperluan lain semisal listrik, air, pajak dan cicilan yang dimiliki sebagian masyarakat.

Tentu, hal ini sangat berpengaruh bagi masyarakat yang pekerjaannya harus diberhentikan karena pandemi ini, masyarakat pun diharuskan untuk memutar otak agar tetap bisa mendapatkan uang dengan pekerjaan yang halal, tentunya. Namun pertanyaannya, bagaimana caranya tetap mendapatkan uang walaupun di rumah saja?

Sebenarnya banyak sekali cara yang dapat kita lakukan agar tetap mendapatkan penghasilan berupa uang walaupun hanya berada di rumah saja. Berikut hal yang bisa kita lakukan:

1. Membuka online shop

Sebenarnya apa sih online shop ini? Jadi online shop adalah berjualan dengan memanfaatkan kemajuan yang ada berupa internet. Nah, dengan online shop ini kalian bisa berjualan apa pun berupa baju, kosmetik dan barang-barang elektronik. Lalu bagaimana cara berjualan online shop ini?

- Tentukan barang yang hendak di jual, nah kalian akan menentukan apakah barang atau produk yang kalian jual menarik perhatian orang-orang yang seperti apa, atau tentukan barang yang banyak orang sedang mencarinya

- Tentukan sistem penjualan, nah di sistem ini kalian bisa memilih untuk menjual produk berupa ready stock, order dan pre order.

Masing-masing sistem penjualan berbeda-beda, sarannya sesuaikan dengan bujet yang kamu punya ya

- Siapkan foto barang atau produk yang akan kalian jual, sedangkan barang atau produk yang kalian jual akan sesuai dengan sistem penjualan, jika kalian menggunakan sistem ready stock, maka harus menyiapkan barang yang hendak dijual pula

- Tentukan pengirman barang dan penerimaan uang, untuk pengiriman barang apabila masih di lingkup yang sama kalian bisa menggunakan sistem COD, atau antar barang menggunakan jasa ojek online, sedangkan untuk pengiriman barang jarak jauh bisa mengirim melalui jasa kirim berupa Pos, J&T, JNE, Ninja express, Si Cepat dan lain-lain.

- Setelah itu kalian bisa membuka online shop di beberapa aplikasi, berupa aplikasi took online seperti Shopee, Toko Pedia, Lazada, Buka Lapak dan lain-lain, selain itu kamu juga bisa membuat akun jualan mu di Instagram.

2. Buka usaha kuliner

Nah, untuk yang kedua ini menarik sekali apalagi untuk kalian yang hobi memasak, kalian bisa mencoba untuk membuka usaha kuliner atau makanan. Nah, untuk usaha kuliner ini kalian bisa melakukannya dengan beberapa sistem, yaitu :

- Membuka kedai di rumah

Kalian bisa memanfaatkan halaman rumah menjadi sebuah kedai kecil-kecilan yang berisi makanan yang kalian buat sendiri, jangan lupa untuk menyiapkan WiFi agar kedai kalian bisa menarik orang untuk datang kesana. Apalagi para pelajar yang sedang melakukan pembelajaran tatap muka atau daring yang membutuhkan koneksi internet yang cepat dan murah meriah.

- Membuka usaha kuliner online

Untuk sistem yang kedua ini kalian hanya perlu menyiapkan menu yang hendak kalian jua, foto dan juga menyiapkan hal-hal lain seperti yang ada di atas

- Membuka usaha frozen food

Yang ketiga ini sangat cocok apabila kalian model orang yang enggak suka buat makanan sedikit demi sedikit dan terus menerus, kalian hanya perlu menentukan menu yang akan dibuat dan tahan lama apabila dibekukan, juga praktis dalam proses pembuatannya.

Dengan demikian, kalian bisa tetap mendapatkan uang walaupun hanya di rumah saja, bukan hanya itu saja, dengan hal ini kalian juga tetap produktif, menjaga kesehatan dan bisa berkumpul dengan keluarga. Semoga bermanfaat.

 

Penulis: Risma Nur Cahyani / Mahasiswi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar