Aparat Gelar Patroli Protokol Kesehatan di DIY

  Rabu, 16 September 2020   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Ilustrasi — Warga menggunakan masker [Suara.com/Angga Budhiyanto]

YOGYAKARTA, AYOYOGYA.COM -- TNI dan Polda ikut melakukan operasi yustisi ke beberapa titik di DIY.

Mereka mendampingi Satpol PP DIY melaksanakan patroli pemakaian masker dan penerapan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 di DIY.

Operasi yustisi sendiri menekankan pendisiplinan masyarakat dalam menerapkan sejumlah protokol kesehatan utama seperti menggunakan masker dan menjaga jarak aman. Itu sesuai dengan Peraturan Gubernur DIY Nomor 77 Tahun 2020.

Kabid Humas Polda DIY, Kombes Pol Yuliyanto mengatakan, operasi yustisi ini memang mengedepankan Satpol PP agar mendisiplinkan masyarakat. Terutama, di tengah-tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda, khususnya di DIY.

"Saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19, sejalan petunjuk Presiden RI melalui Inpres 6/2020 dan Pergub DIY 77/2020, kita perlu menerapkan disiplin masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan," kata Yuliyanto, Rabu (16/9/2020).

Dalam operasi tersebut, petugas tidak hanya menemukan banyak pelanggaran dilakukan masyarakat yang tidak menggunakan masker. Tapi, juga ditemukan beberapa pengendara yang membawa dan mengonsumsi minuman beralkohol.

"Pelanggar kita lakukan pendataan dan diberikan edukasi, serta diberikan sanksi sosial," ujar Yuliyanto.

Operasi yustisi digelar di tiga lokasi mulai Titik Nol Kilometer Yogyakarta, Tugu Yogya, dan hotel-hotel, serta tempat-tempat hiburan. Masyarakat yang tidak memakai masker diberikan sanksi menyapu jalan di Jalan Margo Utomo.

"Ke depan, operasi yustisi gabungan akan dilaksanakan secara terus-menerus untuk mendisiplinkan masyarakat agar membudayakan penggunaan masker," kata Yuliyanto.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar