5 Tanda Olshop di Instagram Penipu

  Rabu, 09 September 2020   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Ilustrasi -- olshop (pixabay)

YOGYAKARTA, AYOYOGYA.COM -- Akun @aulmaulidiana di Twitter mengunggah tangkapan layar berupa akun Instagram yang menawarkan pakaian bermotif tie dye.

Diduga akun penjual pakaian tersebut melakukan penipuan, @aulmaulidiana membagikan beberapa tips untuk mengetahui jenis akun online shop (olshop) yang menipu.

Ada beberapa cara untuk mengetahui apakah toko yang menawarkan barangnya di media sosial tersebut merupakan akun penipuan atau tidak. Salah satunya bisa dilihat dari jumlah followers akunnya. Berikut tips dari @aulmaulidiana:

1. Sering mengganti nama

Akun online shop yang sudah biasa menipu biasanya rutin mengganti nama akun mereka, terutama jika nama akun sudah diganti lebih dari tiga kali, akun tersebut patut diwaspadai.

Untuk bisa mengetahui pergantian nama, pembeli bisa berkunjung ke profil toko, kemudian sentuh pilihan tentang akun ini. Di dalamnya tersedia pilihan nama akun sebelumnya. Dari sini bisa diketahui nama pengguna apa saja yang pernah digunakan.

2. Aktivitas kolom komentar

Akun @aulmaulidiana menyampaikan bahwa akun online shop yang asli tidak akan pernah menon-aktifkan kolom komentar. Jika ada akun penjual yang tidak mengaktifkan komentar, hal tersebut bisa memicu kecurigaan.

3. Banyak pembeli yang menandai foto

Ciri selanjutnya bisa dilihat dari kolom tandai foto. Akun penjual yang asli biasanya banyak ditandai oleh para pembelinya, terutama yang merasa puas dengan barang yang dibeli.

Sementara untuk akun penipu, biasanya mereka tidak memiliki pembeli yang menandai barang hasil transaksi. Justru ada juga biasanya pembeli yang menandai dengan mengabarkan bahwa akun tersebut telah menipu dirinya.

4. Tanggal bergabung

Cukup mencurigakan untuk akun jual beli yang baru bergabung, tetapi sudah memiliki banyak sekali pengikut. Kemungkinan besar mereka membeli jumlah pengikut tersebut, sehingga tidak bisa dipastikan apakah jumlah itu sebanding dengan jumlah pembeli.

5. Cek nomor rekening

Langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek rekening yang digunakan oleh penjual. Hal tersebut bisa dilakukan secara online melalui website. Pembeli bisa memasukkan informasi rekening penjual ke website tertentu.

Setelah itu, akan muncul laporan mengenai rekening tersebut. Tidak jarang jika sudah kerap menipu, akan muncul banyak laporan penipuan yang telah dialami oleh para korban sebelumnya.

Selain lima poin tersebut, pembeli juga bisa menilai dari harga yang ditawarkan. Para penipu biasanya menawarkan harga yang di luar normal. Tidak hanya rekening, pembeli juga bisa melakukan pengecekan nomor WhatsApp melalui aplikasi Getcontact, fungsinya sama dengan pengecekan rekening.

Sejak diunggah, utas ini sudah mendapatkan banyak respons dari warganet. Setidaknya ada 17 ribu lebih warganet yang menekan tanda suka. Kemudian, lebih dari lima ribu membagikan ulang dengan retweet dan 400 lainnya meninggalkan tanggapan di kolom komentar. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar