Sambut New Normal, Royal Ambarrukmo Operasikan Kembali Fasilitas MICE

  Senin, 07 September 2020   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Royal Ambarrukmo Yogyakarta (www.royalambarrukmo.com)

YOGYAKARTA, AYOYOGYA.COM -- Sempat terpukul karena Pandemi COVID-19, Royal Ambarrukmo Yogyakarta kembali memberikan layanan penuh terhadap para tamunya.

Salah satu hotel yang menjadi bagian dari sejarah dan budaya di DIY sejak tahun 1965 silam ini menyatakan siap mengoperasikan seluruh kamar dan fasilitas pendukung lainnya mulai Senin (7/9/2020). Layanan hotel ini diklaim telah mengikuti standar protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah dan World Health organization (WHO).

Hal ini disampaikan langsung oleh Haris Susanto, selaku Managing Director The Ambarrukmo pada acara press conference di Samazana Restaurant.

"Setelah dua bulan lamanya kami sempat menutup beberapa fasilitas seperti kamar dan juga Meeting, Incentive, Convention and Exhibiton (MICE). Namun kini kami kembali siap menyambut new normal membuka kembali 247 kamar dan juga fasilitas MICE," sebut Haris, Senin.

Dalam rangka proses simulasi penerapan protokol kesehatan, Royal Ambarrukmo Yogyakarta dengan pendampingan Dinas Kesehatan dan Dinas Pariwisata telah mematangkan pelatihan dan kesiapan Hotel untuk beroperasi di masa new normal atau adaptasi kebiasaan baru.

Haris Susanto berharap adaptasi kebiasaan baru tersebut dapat diberlakukan secara maksimal. Dibukanya kembali Hotel Heritage bersejarah di Yogyakarta ini juga diharapkan turut membangkitkan serta menunjang perkembangan industri sektor pariwisata.

Sementara itu, ada banyak hal yang telah dipersiapkan seiring dibukanya kembali Hotel Heritage lewat program Re-Discover The Royal Journey. Selain kesiapan sumber daya manusia, Royal Ambarrukmo Yogyakarta juga melengkapi fasilitas pendukung lainnya demi mencegah penyebaran COVID-19, seperti tempat mencuci tangan dengan teknologi tanpa sentuh serta pengukuran suhu secara otomatis menggunakan kamera.

Protokol

Pantauan wartawan di lapangan, sebelum memasuki area hotel, para wisatawan atau tamu akan diperiksa terlebih dahulu suhu tubuhnya menggunakan alat otomatis. Pengecekan suhu akan dilakukan dua kali jika tamu yang bersangkutan memiliki suhu 37,3 derajat Celcius.

royal-ambarrukmo
Fasilitas baru di Royal Ambarrukmo Yogyakarta sambut new normal. (Suara.com/Arendya)

"Jadi tentu kami sangat ketat memberlakukan protokol kesehatan, jika ada tamu yang suhu tubuhnya 37,3 derajat Celcius ke atas, nantinya langsung akan kami bawa ke Isolation Medical Room untuk tindakan lebih lanjutnya," tutur Haris.

Haris Susanto juga menyebutkan bahwa tim Royal Ambarrukmo Yogyakarta rutin melakukan disinfektasi kamar setiap pergantian tamu. Soal kebersihan makanan, Royal Ambarrukmo Yogyakarta pun cukup optimis karena telah mengantongi sertifikat ISO 2000.

"Kami sangat optimis, untuk area back office, karena sudah secara rutin selalu menjaga kebersihan, kemudian ada sertifikat ISO 2000, jadi kami harap tamu dan wisatawan sudah tidak ragu lagi untuk singgah di Royal Ambarrukmo Yogyakarta," tutur Haris Susanto.

Hotel ini juga senantiasa mewajibkan para tamu dan karyawan untuk senantiasa menggunakan masker dan physical distancing. Semua itu merupakan bentuk komitmen Royal Ambarrukmo Yogyakarta dalam memberikan kenyamanan, keamanan, dan keselamatan, khususnya kepada para tamu.

Bukan hanya itu, menyambut era new normal, Royal Ambarrukmo Yogyakarta juga mengaktifkan kembali sejumlah program edukasi kebudayaan di Pendopo Pesanggarahan Ambarrukmo, seperti jemparingan (panahan), seni patehan, tari Jawa dan masih banyak lagi lainnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar