H+1 Idulfitri, 13 Bus Luar Kota Masuk Terminal Giwangan

  Senin, 25 Mei 2020   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Sebuah bus memasuki pintu kedatangan Terminal Giwangan, Kota Yogyakarta, Senin (25/5/2020). - (SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora)

YOGYAKARTA, AYOYOGYA.COM -- Idulfitri tahun ini kentara berbeda dengan periode sebelumnya.

Momen yang kerap dipilih pemudik untuk pulang kampung menggunakan bus kini tak menunjukkan suasana ramai seperti biasanya.

Pada H+1 Lebaran 2020 kali ini, UPT Terminal Giwangan hanya mencatat 25 bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang berangkat dan datang. Sebanyak 13 di antaranya merupakan bus yang datang dari luar kota.

"Hingga pukul 13.00 WIB, tercatat hanya 13 bus AKAP yang datang. Rata-rata trayek Yogyakarta-Solo," terang Pengelola Administrasi Perkantoran Pelayanan UPT Terminal Giwangan Aji Fajar melalui pesan singkat, Senin (25/5/2020).

Ia menuturkan bahwa tak ada peningkatan jumlah bus luar kota yang masuk ke Yogyakarta. Hal itu mengingat sejumlah kota masih memberlakukan PSBB.

"Transportasinya masih terbatas. Selain itu sebagaian daerah masih PSBB," ungkap dia.

Aji menambahkan, dari total 25 bus AKAP yang datang dan berangkat di terminal Giwangan, penumpangnya terhitung sedikit. Sebanyak 13 bus yang berangkat tercatat hanya mengangkut tujuh penumpang. Sementara 12 bus yang berangkat hanya 21 orang.

"Itu kalkulasi jumlah penumpang sejak bus beroperasi mulai pukul 04.00-13.00 WIB. Jadi memang sedikit penumpang yang bepergian ke luar kota," tambahnya.

Dari 25 bus AKAP itu, trayek terjauh datang dari Cilacap-Yogyakarta dan Purwokerto-Yogyakarta.

"Trayek terjauh dari dua wilayah tersebut. Namun penumpang yang sampai di Terminal Giwangan hanya dua orang," tutur Aji.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar