Gubernur DIY Ajak Warga untuk Merawat Keberagaman

  Selasa, 14 Januari 2020   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Gubernur DIY Sri Sultan HB X (Antara/Regina Safri)

YOGYAKARTA, AYOYOGYA.COM -- Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X mengatakan bahwa Indonesia bukan sekadar nama, simbol, atau gambar deretan pulau di atas peta.

Indonesia, kata dia, sebuah kekuatan dahsyat yang disegani oleh bangsa lain dengan penuh hormat.

AYO BACA : Kerajaan Agung Sejagat Klaim Sudah Eksis Sejak 1518

"Inilah realitas bhinneka budaya kita, di mana baju kesatuan disulam, dengan dasar kecintaan terhadap tanah air. Dan Tamansari bernama Indonesia, harus dirawat dengan rasa memiliki," kata dia, dalam Dialog Kebangsaan: Merawat Persatuan, Menghargai Keberagaman, di Auditorium Universitas Islam Indonesia, Sleman, DIY, Selasa (14/1/2020).

Raja Ngayogyakarta Hadiningrat itu meyakini, dengan kerja sama dan persatuan bersama, maka Indonesia akan maju dan gemilang. Sultan melanjutkan, merawat persatuan sama dengan proaktif menjaga budaya, rasa agar lestari.

AYO BACA : Cabuli 8 Siswi, Pembina Pramuka di Gunungkidul Dibui

"Alangkah eloknya, jika keberagaman terjalin dalam serat yang menguatkan," kata dia.

Ia melihat, keberagaman adalah konsep Tuhan dalam misteri penciptaan semesta. Tidak ada hasil ciptaan yang identik sama, dapat dipastikan ada perbedaan walau sekilas nampak sama.

Keberagamaan adalah realita yang terjadi atas kehendak Tuhan. Maka bila ada yang menentang realitas keberagaman, maka orang itu sedang menentang kehendak Tuhan.

"Keberagamaan adalah keniscayaan yang harus dihargai dan disyukuri. Keberagamaan bukanlah penghalang untuk bersatu," imbuhnya.

AYO BACA : Penasaran, Warga Datangi Kerajaan Agung Sejagat Malam-malam

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar