Dekat Malioboro, Pemkot Percepat Penataan Kotabaru

  Rabu, 25 Desember 2019   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Kotabaru (mapio.net)

KOTA YOGYAKARTA, AYOYOGYA.COM -- Kotabaru adalah satu dari lima kawasan cagar budaya Kota Yogyakarta yang dinilai akan menjadi kawasan yang strategis, sehingga perlu dilakukan percepatan penataan.

“Kotabaru memiliki lokasi yang cukup strategis karena berdekatan dengan Malioboro sehingga bisa menjadi kawasan pendukung pariwisata. Apalagi, kawasan ini adalah satu dari lima kawasan cagar budaya di Yogyakarta,” kata Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi, Selasa (24/12/2019).

AYO BACA : Muslimatun Jadi Jagoan PKS di Pilkada Sleman 2020

Di kawasan tersebut, lanjut dia, juga terdapat beberapa fasilitas penting yang keberadaannya mendukung pergerakan perekonomian di Kota Yogyakarta, di antaranya Stasiun Lempuyangan.

“Jika PT KAI merealisasikan rencana untuk menata Stasiun Tugu dan Lempuyangan, tentunya pemerintah daerah harus bisa mengimbanginya. Lempuyangan berada di dekat kawasan Kotabaru sehingga Kotabaru pun harus ikut berbenah,” katanya.

AYO BACA : Jumlah Tempat Sampah di Malioboro Dikurangi, Ada Apa?

Menurut Heroe, sejak dua tahun lalu sudah muncul rencana penataan kawasan Kotabaru termasuk di dalamnya penataan Stadion Kridosono. Hanya saja, lanjut Heroe, penataan kawasan Kotabaru termasuk Stadion Kridosono membutuhkan biaya yang tidak sedikit sehingga diperlukan koordinasi dengan Pemerintah DIY termasuk pemerintah pusat.

“Stadion Kridosono rencananya akan dijadikan sebagai ruang terbuka publik dengan tetap mempertahankan keberadaan stadion. Lingkungannya saja yang akan ditata sehingga kegiatan ekonomi dan kebutuhan parkir tercukupi,” katanya.

Sejak 2018, lanjut Heroe, Pemkot Yogyakarta juga melakukan penataan di kawasan Kotabaru khususnya penataan pedestrian sehingga lebih ramah terhadap pejalan kaki. Penataan pedestrian yang dilakukan di Jalan Suroto dilanjutkan dengan penataan pedestrian di penggal Jalan Jenderal Sudirman yaitu dari simpang Gramedia hingga simpang Jembatan Gondolayu.

“Kalau bisa, penataan pedestrian di Jalan Sudirman dari simpang Galeria sampai ke Tugu selesai tahun depan supaya lebih cepat saja karena masih banyak pekerjaan lain yang harus dilakukan,” katanya.

AYO BACA : Pemkot Yogya Siapkan Infrastruktur Lalu Lintas Malioboro

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar