Sultan: Pariwisata DIY Belum Dibuka Penuh!

  Kamis, 30 Juli 2020   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Gubernur Sri Sultan Hamengku Buwono X (Humas Pemda DIY)

YOGYAKARTA, AYOYOGYA.COM -- Gubernur DIY Sri Sultan HB X kembali menegaskan, sektor pariwisata wilayahnya belum dibuka secara penuh.

Saat ini, sektor pariwisata di DIY masih dalam tahap uji coba pembukaan secara terbatas dan bertahap. Sultan mengatakan, pertumbuhan perekonomian DIY menurun selama pandemi Covid-19. Sehingga, pertumbuhan ekonomi ini harus mulai digalakkan, terutama di sektor pariwisata.

Namun, risiko untuk membuka sektor pariwisata secara luas di tengah pandemi ini sangat besar. Ia menegaskan, pembukaan sektor pariwisata jangan sampai menimbulkan gelombang kedua penyebaran Covid-19 di DIY.

"Untuk masalah ekonomi ini, kami belum bersedia membuka sektor pariwisata secara luas. Risiko-risiko semacam ini yang kita hindari agar tidak repot di belakangnya," kata Sultan di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Selasa (28/7/2020).

Untuk itu, ia meminta kepada seluruh pemerintah kabupaten dan kota di DIY agar membuka sektor pariwisata secara bertahap. Tentunya, pembukaan sektor pariwisata ini harus diiringi dengan menjalankan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin.

"Silakan kalau mau buka, tapi secara bertahap. Saya berharap bisa dilihat relevansinya," ujarnya.

Ia menuturkan, risiko gelombang kedua penyebaran Covid-19 di DIY harus diminimalisasi. Sebab, wisatawan tidak hanya warga DIY, tapi wisatawan dari luar DIY juga sudah mulai berdatangan.

Terlebih, saat ini kasus positif di DIY masih terus bertambah. Sebagian besar dari kasus tersebut merupakan kasus impor yang memiliki riwayat perjalanan dari luar DIY.

"Kalau sudah aman, nyaman dan masyarakat terdidik dengan lebih baik, baru nanti kita perluas lagi (pembukaan pariwisata)," jelasnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar