Nakal, Puluhan Masjid di Sleman Diprediksi Tetap Gelar Salat Id

  Kamis, 21 Mei 2020   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Ilustrasi salat Idulfitri di lapangan. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

SLEMAN, AYOYOGYA.COM -- Kanwil Kemenag DIY mengimbau warga agar melaksanakan salat Idulfitri di rumah masing-masing.

Kendati demikian, sejumlah masjid yang ada di Sleman diprediksi akan tetap menggelar salat Idufitri.

Kepala Kantor Kemenag Sleman, Sa'ban Nuroni menuturkan, pihaknya melakukan pendataan daftar masjid di wilayahnya yang tetap melaksanakan salat Idulfitri.

"Pendataan masih on going (berjalan), ya ada (masjid) yang diprediksi tetap menggelar ibadah ini, tapi kami terus imbau dari jauh-jauh hari agar pelaksanaan salat cukup di rumah masing-masing," kata Sa'ban dihubungi, Rabu (20/5/2020).

Hingga kini, kata Sa'ban, ada sekitar 10-20 masjid yang akan menggelar ibadah Sunnah di hari raya tersebut. Pihaknya juga telah menggandeng dewan masjid dan organisasi masyarakat untuk mengimbau pengelola masjid meniadakan salat Id.

"Kami hanya bisa mengimbau, jadi meluk KUA kami arahkan agar pengelola masjid, termasuk tokoh agama di lingkungan tersebut mengajak warganya untuk sholat di rumah," katanya.

Disinggung perihal salah satu masjid terbesar di Sleman yang berencana menggelar salat Idulfitri, Sa'ban tak bisa memastikan.

"Apakah masjid tersebut akan menggelar salat Idulfitri, Kemenag hanya bisa mengedukasi termasuk memberi imbauan. Namun kami anjurkan agar tidak dilakukan (salat Idulfitri)," jelas dia.

Dirinya menambahkan, ada sekitar 2.500 masjid di Sleman. Saat ini, kemenag juga telah memberi imbauan lewat KUA kecamatan agar penyelenggaraan salat Idulfitri cukup dilakukan di rumah tanpa harus berkerumun di masjid.

"Artinya kami mencoba meminimalisasi penyebaran virus yang tengah mewabah di DIY. Jadi kerumunan seperti itu harus dihindari. Sehingga harapan agar penyakit ini segera hilang bisa terealisasi," katanya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar