Tips Bikin Kue Nastar Klasik

  Kamis, 14 Mei 2020   Adi Ginanjar Maulana
Ilustrasi kue nastar.(Pixabay)

YOGYAKARTA, AYOJOGJA.COM -- Kue nastar selalu identik dengan lebaran. makanan yang satu ini memang hampir bisa ditemui di setiap rumah kerabat yang dikunjungi saat hari raya Idul Fitri tiba. 

Seiring perjalanan waktu, kue nastar juga memiliki banyak variasi. Meski demikian, nastar klasik tetap menjadi makanan favorit. Guna mengisi waktu anda agar tetap produktif, tidak ada salahnya jika anda membuat sendiri nastar yang bisa disajikan bersama keluarga di rumah.

Bahan dan cara membuatnya juga sangat mudah, bahkan bagi anda yang masih pemula. Berikut bahan dan langkah-langkah yang dibutuhkan untuk membuat nastar klasik.

Bahan:

100 gr BOS (butter oil substitute)

300 gr Margarin

75 gr Gula halus

3 butir Kuning telur

100 gr susu bubuk


75 gr tepung pati jagung

500 gr tepung terigu

1-2 butir kuning telur untuk olesan

Bahan untuk selai nanas:

300 gr nanas bersih (diparut)

300 gr gula putih

100 ml air

5 cm kayu manis

7 buah Cengkeh

Cara membuatnya: untuk adonan kue, campur BOS, margarin dan gula halus dengan menggunakan mixer hingga tercampur.

Selanjutnya tambahkan kuning telur lalu mixer kembali hingga tercampur. Masukkan tepung terigu, susu bubuk dan tepung pati jagung, aduk menggunakan spatula hingga semua tercampur rata dan dapat dibentuk.

Untuk selai nanas, masak semua bahan di atas api kecil hingga mengental dan warna berubah menjadi kecoklatan. angkat, dinginkan. Bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil. Sisihkan.

Ambil 1 sdm adonan kue, pipihkan. Isi dengan bulatan selai nanas, bentuk kembali menjadi bola-bola. Kerjakan dengan cara yang sama sesuai dengan sisa adonan.

Selanjutnya, letakkan di loyang datar yang bersemir margarin. Olesi permukaannya dengan telur kocok. Panggang dalam oven panas 160 C selama 25 menit hingga kuning kecokelatan. Angkat dan dinginkan.

Atur nastar yang telah benar-benar dingin di dalam toples dan tutup rapat. Nastar klasik homemade Anda dapat dinikmati bersama keluarga tercinta. 

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar