Tingkatkan Imun Saat Pandemi dengan 7 Sayur dan Buah Sarat Vitamin C

  Minggu, 10 Mei 2020   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Ilustrasi sayuran brokoli. [Shutterstock]

YOGYAKARTA, AYOYOGYA.COM — Saat pandemi virus corona, masyarakat jadi rajin mengonsumsi suplemen vitamin c.

Untuk diketahui, vitamin ini berguna untuk menjaga kesehatan dan imunitas terhadap penyakit. Selain itu, jenis nutrisi yang tidak diproduksi oleh tubuh manusia ini juga penting untuk perkembangan dan perawatan fungsi kerja organ tubuh.

Vitamin jenis ini tak harus didapat dari suplemen, Anda bisa mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan vitamin tersebut untuk memenuhi kebutuhan nutrisi.

Melansir dari Boldsky dan AyoBandung.com, berikut sayur dan buah yang kaya vitamin jenis ini:

1. Jeruk

Mengkonsumsi jeruk adalah salah satu cara termudah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Satu buah jeruk berukuran sedang rata-rata mengandung 70 miligram vitamin c. Mengkonsumsi jeruk setiap hari adalah hal yang dianjurkan untuk pemenuhan kebutuhan vitamin.

2. Kiwi

Para ahli kerap merekomendasikan buah ini kepada orang yang menderita kekurangan vitamin. Memasukan kiwi ke dalam asupan makanan sehari-hari dapat membantu Anda melawan kekurangan vitamin sekaligus melawan infeksi. Dalam 100 gram kiwi terdapat vitamin C sebanyak 92,7 mg.

3. Pepaya

Pepaya merupakan sumber vitamin A, , C, folat, serat makanan, kalsium, kalium dan asam lemak omega-3. Dalam 120 gram pepaya terdapat setidaknya 87 mg vitamin c.

4. Stroberi

Stroberi dianggap sebagai buah super untuk memperbaiki kekurangan vitamin dalam tubuh. Dalam 152 gram stroberi terdapat 89 mg vitamin C. Stroberi juga merupakan sumber protein dan serat makanan yang baik. 

5. Brokoli

Sayuran hijau ini mengandung banyak nutrisi penting, mineral dan vitamin. Dalam 100 gram brokoli diketahui terdapat 89,2 mg vitamin C.

6. Peterseli

Daun peterseli atau parsley mengandung banyak nutrisi. Dua sendok makan daun peterseli mengandung 10mg vitamin C. Sayuran ini membantu meningkatkan kadar zat besi dan juga meningkatkan tingkat kekebalan tubuh Anda.

7. Jambu biji

Menurut para ahli, jambu biji adalah salah satu sumber terkaya vitamin. Satu buah jambu biji mengandung setidaknya 200 mg vitamin C. Berbagai penelitian telah dilakukan untuk memahami dampak jambu biji pada kadar vitamin dalam tubuh seseorang. Diketahui bahwa mengkonsumsi jambu biji secara teratur juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar