Sebagian Makam di Sinduadi Mlati Akan Tergusur Tol Jogja-Solo

  Senin, 10 Februari 2020   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Ilustrasi makam [suara.com/Agung Sandy Lesmana]

SLEMAN, AYOYOGYA.COM — Pembangunan proyek Tol Jogja-Solo bakal berdampak terhadap Desa Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman.

Salah satu titiknya yang akan ikut terlintasi yakni komplek permakaman setempat.

Kepala Desa Sinduadi, Senen Haryanto menjelaskan, terdapat tiga dusun terdampak tol di desa tersebut. Antara lain dusun Jombor Kidul, Pogung Lor, Purwosari.

Sementara ini, diketahui kawasan umum di desa Sinduadi yang terdampak selain akses jalan desa yakni juga areal pemakaman warga.

"Ada sedikit permakaman di Dusun Purwosari. Hanya saja, saya tak menghafal jumlah pasti liang terdampak," ujarnya, di kantor Desa Sinduadi, Senin (10/2/2020).

Ia berharap, pembangunan tol bisa menghindari makam dengan cara menata ulang desain tol , yang melewati jalur Sinduadi. Bila hal itu terpaksa dilakukan karena desain sudah tak dapat diubah, maka langkah paling tepat ada relokasi makam.

"Paling tepat dicarikan tanah pengganti, kalau bisa tempat yang lebih luas," ungkapnya.

Senen mengamini kala ditanya terkait teknis relokasi yang bisa dilakukan adalah dengan menggali liang lahat lama, mengambil sisa jenazah yang tertinggal. Kemudian memakamkannya kembali di lokasi baru, yang disediakan pemerintah.

Lebih jauh ia menjelaskan, bahwa saat ini urung ada komunikasi dengan kepala dusun terdampak perihal titik-titik wilayah terdampak tol. Terlebih pihak desa belum mengetahui secara pasti luasan wilayah terdampak di sana.

"Kalau bisa, diminimalisasi dampak ke masyarakat. Kalau bisa ganti untung dan bukan ganti rugi. Dan kalau sudah dapat pengganti, nanti dapat tempat yang lebih luas dan nyaman," tuturnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar