TNI Gadungan Tipu 4 Janda hingga Puluhan Juta

  Selasa, 21 Januari 2020   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Sukamdi alias Andi Saputro alias Agung Setyawan alias Angga Setiawan (45), penipu berkedok anggota TNI, dihadirkan dalam konferensi pers di Mapolres Bantul, Selasa (21/1/2020). - (Suara.com/Julianto)

BANTUL, AYOYOGYA.COM -- Sukamdi alias Andi Saputro alias Agung Setyawan alias Angga Setiawan (45) harus meringkuk untuk kedua kalinya di dalam penjara.

Warga Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten yang tinggal di Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul tersebut berhasil mengelabui empat orang janda dengan mengaku sebagai anggota TNI.

Kasat Reskrim Polres Bantul AKP Rico Sanjaya menuturkan, Sukamdi berhasil diringkus atas laporan H (47), warga Kecamatan Sewon, Bantul. Perempuan ini telah ditipu oleh Sukamdi, yang mengaku sebagai anggota TNI Korem Pamungkas Yogyakarta.

AYO BACA : Tekan Kekerasan Jalanan, Sultan Akan Terbitkan Pergub

"Tersangka kami amankan tanggal 18 Januari 2020. Juga berkat kerja sama dengan anggota TNI Kodim Bantul," tutur Rico, Selasa (21/1/2020), di Mapolres Bantul.

Rico menyebutkan, pada sekira awal Agustus 2019 di rumah kontrakan korban di Kasihan, korban dikenalkan oleh temannya dengan seseorang yang bernama Agung Setiawan, yang mengaku seorang anggota TNI yang berdinas di Korem Yogyakarta.

Selanjutnya, antara korban dan Agung Setiawan atau Sukamdi sering bertemu dan akhirnya korban mengenal Iebih dekat karena Agung Setiawan akan menikahi korban. Selanjutnya, korban menerima ajakan nikah Agung Setiawan.

AYO BACA : Ketemu Sultan, Puan Bahas Kerajaan Agung Sejagat

"Tersangka meminta uang dengan alasan apa pun, selalu diberikan oleh korban, sehingga total uang yang sudah diserahkan korban kepada tersangka kurang lebih sebesar Rp36 juta," ungkap Rico.

Untuk meyakinkan korban, tersangka selalu datang atau berkunjung ke tempat tinggal korban dengan menggunakan pakaian dinas TNI, sehingga korban percaya kepada tersangka bahwa tersangka adalah anggota TNI. Korban juga dijanjikan menikah, dan untuk meyakinkannya, korban juga dibuatkan kartu anggota Persatuan Istri TNI (Persit).

Pelaku merupakan residivis dalam kasus yang sama dan ditangkap oleh Polres Sleman. Ia pernah mendekam di penjara selama dua tahun dan baru bebas pada Maret 2019 lalu.

"Pelaku kami jerat dengan pasal 378 KUHP tentang penipuan. Ancaman hukuman empat tahun penjara," papar Rico.

AYO BACA : Ini Kata Puan Soal Kader PDIP Jadi Buronan KPK

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar