Alasan Warga Godean Lega Raja Agung Sejagat Diamankan

  Rabu, 15 Januari 2020   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Penampakan kediaman raja Agung Sejagat Totok Santoso di Godean, Sleman, DIY, Rabu (15/1/2020). (Uli Febriarni / Suara.com)

SLEMAN, AYOYOGYA.COM -- Warga Godean, Sleman, DIY, merasa lega atas penahanan Totok Santosa Hadiningrat, "Raja Keraton Agung Sejagat" oleh Polda Jateng.

Untuk diketahui, Selasa (14/1/2020) tengah malam, tim kepolisian dari Polda Jateng bersama Polsek Godean dan perangkat Desa Ngabangan melakukan penggeledahan di kediaman Totok di Godean, Sleman.

Niken Puji Lestari yang rumahnya tak jauh dari kediaman Totok mengaku lega, Sebab ditahannya Totok berakhir pula aktivitas di rumah kontrakan pria berusia 42 tahun tersebut.

AYO BACA : Tergiur Janji Manis Totok Santosa, Pensiunan TNI Rela Jual Sawah

Menurutnya, aktivitas di kediaman Totok cukup mengganggu dan meresahkan lingkungan sekitar. Ia menyebut sejumlah ritual yang dibarengi dengan membakar sesaji membuatnya tak nyaman.

"Apalagi rumah kami berdekatan, baunya sampai masuk rumah," ungkapnya, Rabu (15/1/2020).

Sementara itu, diketahui rumah dan bangunan tempat tinggal Totok ternyata berstatus kontrak.

AYO BACA : Ratu Agung Sejagat Bukan Istri Sah Totok

Pengurus kontrakannya, Tejo mengatakan bangunan tadi merupakan milik kerabatnya yang dikontrak oleh Totok dan istri. Tak pernah bertemu Totok langsung, Tejo mengaku hanya kerap bertemu anak buah atau pengikut Kerajaan Agung Sejagat (KAS).

"Di sini izinnya untuk angkringan Ambu, tapi karena angkringannya mahal, tidak laku. Warga sini cuek, bilangnya ke anggota kalau itu rumahnya dia," tuturnya.

Tejo mengaku heran, kegiatan di rumah tersebut kerap berlangsung pada malam hari dan selesai saat melewati pukul 22.00 WIB.

"Tiap hari buat sesaji itu, pernah buat ternak lele juga," kata dia.

Sementara itu, kerabat pemilik kontrakan, Kristiono menyatakan, Totok dan keluarganya jarang berkomunikasi dengan warga sekitar dan tidak pernah ikut kegiatan desa.

"Kami khawatir, kalau orang yang tidak tahu, dengar omongan pengikutnya, nanti malah bertambah , tapi untungnya sekarang sudah diamankan orangnya," kata dia.

AYO BACA : Rumah Raja Agung Sejagat di Godean Berizin Usaha Angkringan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar