Progres YIA 92 Persen, Maskapai Internasional Tertarik

  Jumat, 10 Januari 2020   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Bandara YIA Kulon Progo (Dok PT AP I)

YOGYA, AYOYOGYA.COM -- PT Angkasa Pura (AP) I tengah berupaya menyelesaikan pembangunan Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo sesuai dengan target mereka.

Perusahaan BUMN tersebut mengejar penyelesaian 100 persen pembangunan YIA pada akhir Maret mendatang.

AYO BACA : Guru Cabul di Sleman Bakal Dipecat dari PGRI DIY

"Sekarang saya sedang mengejar untuk 100 persen di bulan itu , sehingga internasional dan domestik bisa dilaksanakan secara 100 persen jika sudah siap," tutur Pelaksana Tugas Sementara (PTS) General Manager YIA Agus Pandu Purnama, Jumat (10/1/2020).

Pandu menyebutkan, saat ini progres pembangunan YIA sudah mencapai 92 persen. Ia berharap, pembangunan bandara tersebut akan selesai sesuai dengan target di akhir Maret karena pada saat itu ada pergantian season dari winter ke summer.

AYO BACA : Tega, Ayah di Kulon Progo Cabuli Putrinya dari SD hingga SMA

Pandu menambahkan, di bulan Maret tepatnya tanggal 29, pihaknya sudah meminta kepada semua maskapai untuk siap memindahkan penerbangan. Semua maskapai penerbangan pun telah menyatakan diri siap untuk melaksanakan kegiatan di bandara baru ini.

"Untuk maskapainya belum ada maskapai baru," ujarnya.

Pandu mengungkapkan, maskapai-maskapai baru sebenarnya berminat membuka jalur, terutama maskapai internasional. Namun maskapai baru ini tengah melakukan penjajakan terkait berbagai hal karena mereka juga perlu survei, izin, dan sebagainya sebelum memutuskan untuk beroperasi di YIA.

Pandu menambahkan, salah satu maskapai tersebut adalah Emirates, yang diketahui memang sudah lama mengajukan ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Mereka juga menginginkan agar bisa beroperasi pada April 2020 mendatang untuk melayani penerbangan ke Jeddah langsung dari YIA.

"Secara prinsip kami siap menerima itu tapi tergantung izin dari Kementarian," ujar Pandu.

AYO BACA : Perda Ketertiban Umum Berlaku Pertengahan 2020: Denda di Tempat

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar