DIY Akan Bangun Fasilitas Pengisian Daya Mobil Listrik

  Minggu, 15 Desember 2019   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Ilustrasi mobil listrik dan fasilitas pengisian daya (FOTO/Istockphoto)

YOGYAKARTA, AYOYOGYA.COM -- Grab Indonesia pada tahun depan akan meluncurkan layanan mobil listrik.

Meski layanan mobil listrik ini akan diutamakan digarap di Jakarta, akan tetapi sejumlah kota lain seperti Yogyakarta akan tetap menjadi sasaran peredaran layanan mobil listrik Grab.

Menanggapi rencana mobil listrik di Yogyakarta, Gubernur DIY, Sri Sultan HB X pun angkat bicara. Sultan HB X mengaku mendukung adanya layanan mobil listrik di Yogyakarta yang akan digarap oleh Grab. Meskipun demikian Sultan HB X mewanti-wanti agar sejumlah fasilitas seperti pengisian baterai harus disediakan.

AYO BACA : Ada Bandara YIA, Target Wisatawan Asing Jadi 1 Juta Orang

"Kalau mobil listrik itu masuk di Yogya (sebagai layanan transportasi online) harus tersedia fasilitas pengisian daya listrik untuk charge baterai. Ini bisa dilakukan (kerjasama) dari PLN," ujar Sultan HB X, Jumat (13/12/2019).

"Saya mau saja adanya mobil listrik itu karena tidak polutif. Tapi dari PLN bagaimana nanti untuk titik pengisian dayanya. Jangan sampai ada mobil listrik terus mogok di jalan karena tidak ada sarana pengisian dayanya," kata Sultan HB X seperti dikutip dari Viva.co.id.

Sementara itu, Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi menerangkan pengembangan dan operasional mobil listrik akan diutamakan di Jakarta. Meskipun demikian nantinya layanan mobil listrik akan merambah ke kota lain pula.

AYO BACA : UN Dihapus, Pemda DIY: Harus Ada Instrumen Pengukur Kompetensi

Neneng menjabarkan program mobil listrik yang digagas Grab ini masih bersifat rintisan. Tujuannya untuk melihat bagaimana respon masyarakat terhadap mobil listrik.

"Sementara diutamakan di Jakarta tapi pasti juga akan ke seluruh Indonesia, termasuk Yogya. Saat ini sifatnya masih piloting. Nanti dilihat perkembangannya seperti apa," ungkap Neneng.

Sebelumnya Pemda DIY dan Grab Indonesia telah resmi menjalin kerjasama untuk mengembangkan provinsi cerdas berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Kerjasama ini bertujuan meningkatkan pelayanan publik dan mendukung pembangunan berkelanjutan.

Di Yogyakarta, Grab Indonesia pun baru saja menjalin kerjasama dengan Bank BPD DIY. Kerjasama ini dilakukan untuk memberikan layanan dan kemudahan akses perbankan ke mitra pengemudi Grab di DIY.

AYO BACA : Adakah Risikonya Hidup dengan 1 Ginjal Seperti Vidi Aldiano?

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar