Kotabaru Jadi Destinasi Wisata Anyar Yogyakarta

  Sabtu, 07 Desember 2019   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Jalan Suroto Kotabaru Yogyakarta (Antara/Eka Arifa Rusqiyati)

YOGYAKARTA, AYOYOGYA.COM -- Kotabaru akan dimasukkan ke dalam newsletter pariwisata akhir tahun bertema Libur Asyik Akhir Tahun di Yogyakarta.

Hal itu diungkapkan oleh Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta untuk mengenalkan Kotabaru sebagai salah satu referensi tujuan wisata.

“Kawasan Kotabaru ini sangat menarik. Bangunan di kawasan ini rata-rata dibangun dengan arsitektur bergaya Indis dan ada latar belakang sejarah yang menarik untuk dikunjungi,” kata Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yetty Martanti di Yogyakarta, Jumat (6/12/2019).

AYO BACA : Petani Lahan Pantai Kulon Progo Panen Cabai 20 Ton per Hari

Selain itu, penataan pedestrian di kawasan Kotabaru yang ditargetkan rampung pada akhir tahun juga menjadi salah satu pendukung Kotabaru sebagai tempat tujuan wisata. Menurut Yetty, konsep wisata yang dapat dikembangkan di kawasan Kotabaru adalah heritage trail. Konsep ini mengajak wisatawan untuk menyusuri kembali sejarah dan keunikan bangunan cagar budaya yang rata-rata masih terjaga dengan baik hingga saat ini.

“Dibutuhkan narasi untuk menceritakan sejarah dari masing-masing bangunan yang ada di kawasan ini. Setiap bangunan memiliki ceritanya masing-masing. Seperti bangunan SMA Negeri 3 Yogyakarta, Masjid Syuhada, atau bangunan lain yang kini digunakan untuk berbagai kegiatan ekonomi di kawasan tersebut,” katanya.

Selain menikmati suasana dan keunikan bangunan, kawasan Kotabaru juga menawarkan jenis wisata lain yaitu wisata kuliner dengan banyaknya kafe di kawasan tersebut. Ada pula wisata kesehatan dan kecantikan dengan banyaknya tempat perawatan kecantikan.

AYO BACA : Revitalisasi 3 Pasar, Pemkab Sleman Anggarkan Rp6,1 M

Kegiatan wisata di Kotabaru juga bisa diintegrasikan dengan menawarkan kunjungan wisata ke sejumlah kampung wisata yang berada tidak jauh dari Kotabaru. Antara lain seperti Kampung Wisata Cokrodiningratan yang berada di bantaran Sungai Code.

Yetty berharap dengan adanya newsletter wisata akhir tahun, wisatawan punya referensi kegiatan wisata yang dapat mereka lakukan selama libur akhir tahun di Kota Gudeg. “Biasanya wisatawan menghabiskan waktu dengan mengunjungi berbagai objek wisata di luar Yogyakarta pada pagi hingga sore hari dan baru datang ke Yogyakarta saat malam hari. Kini mereka bisa melakukan banyak aktivitas di Kota Yogyakarta sejak pagi hingga malam hari,” jelas Yetty.

Malioboro dipastikan masih akan menjadi destinasi wisata utama yang dikunjungi wisatawan. Apalagi libur akhir tahun ini juga bertepatan dengan libur panjang sekolah.

“Kami mengajak seluruh pelaku wisata untuk selalu menjaga ketertiban, kebersihan, dan kenyamanan bagi wisatawan sehingga keluhan-keluhan yang biasanya muncul bisa diminimalisasi,” katanya.

AYO BACA : Pemkot Jogja-Peradi Kerja Sama Bantu Korban KDRT

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar