Awan Panas Gunung Merapi Akibatkan Hujan Abu Beberapa Saat

  Minggu, 22 September 2019   Abdul Arif
Seorang warga menikmati pemandangan Gunung Merapi di Selo, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (30/8/2019). Berdasarkan data pengamatan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) periode 29 Agustus 2019 pukul 00.00-24.00 WIB tercatat kegempaan guguran sebanyak 11. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/foc.

SLEMAN, AYOYOGYA.COM-- Awan panas letusan di Gunung MerapiĀ  pada Minggu, pukul 11.36 WIB mengakibatkan hujan abu selama beberapa saat. Demikian informasi yang disampaikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

\"Awan panas terekam di seismogram dengan amplitudo 70 mm dan durasi 125 mm,\" kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sleman Makwan di Sleman, Minggu (22/9/2019).

AYO BACA : Pemkot Yogyakarta Siapkan Aturan Larangan Konsumsi Daging Anjing

Ia mengatakan dari seismogram juga terpantau kolom awan panas setinggi sekitar 800 meter keluar dari puncak Gunung Merapi.

\"Saat ini status Gunung Merapi masih waspada,\" katanya.

AYO BACA : Brotherhood MC Indonesia Rayakan HUT ke-31

Ia mengatakan letusan tersebut mengakibatkan hujan abu tipis yang terpantau dari sisi barat Dusun Tunggularum, Desa Wonokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman.

\"Kami masih terus memantau perkembangan. Saat ini warga di lereng Merapi masih tenang. Kondisi aman terkendali,\" katanya.

Makwan mengatakan hujan abu di sisi barat Merapi tidak berlangsung lama, dan saat ini abu sudah hilang diterpa angin.

AYO BACA : MPR Tak Punya Niat Kembalikan GBHN Orde Baru

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar