Sleman Dorong PAUD Tekankan Perkembangan Fisik Motorik Anak

  Kamis, 12 September 2019   Abdul Arif
Bunda PAUD Kabupaten Sleman Kustini Sri Purnomo pada kegiatan inisiasi PAUD Ramah Anak. (ANTARA)

SLEMAN, AYOYOGYA.COM-- Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Sleman, Kustini Sri Purnomo berharap, PAUD bisa menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi anak. Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mendorong PAUD menekankan perkembangan fisik motorik, kecerdasan daya pikir, sosial emosional, dan moral spiritual, serta perkembangan bahasa dan komunikasi anak.

"Diharapkan PAUD menjadi tempat yang aman, nyaman, dan terbebas dari kekerasan fisik maupun nonfisik," kata Kustini dalam kegiatan Inisiasi PAUD Ramah Anak di Sleman, Kamis (12/9/2019).

Selain itu, Kustini mengimbau agar PAUD memiliki lingkungan hijau, bersih, sehat, dan inklusif.

AYO BACA : Ikut Tentukan Capim KPK, Wewenang Komisi III DPR Terlalu Jauh

"Tentunya dengan lingkungan yang menyenangkan peserta didik pun bisa belajar dengan senang," katanya.

Ia mengatakan, dirinya selaku Bunda PAUD Sleman kini tengah gencar mengenalkan lima gerakan, yakni Gerakan Lindungi Anak, Gerakan Senang Baca, Gerakan Orangtua Cerdas, Gerakan Cinta Ikan, dan Gerakan Cinta Lingkungan.

"Saya setiap kali ke PAUD selalu mengenalkan Gerakan yang saya sebut Gerakan Moge, contohnya yang Gerakan Cinta Ikan paling tidak saya minta setidaknya dua minggu sekali di PAUD makan ikan bersama-sama," katanya.

AYO BACA : Jelang Pelatikan, Satu Pejabat Pemkab Sleman Undurkan Diri

Menurut dia, gerakan ini merupakan bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Sleman dalam penyelenggaran PAUD.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Sleman Mafilindati Nuraini mengatakan pihaknya juga terus berupaya memberikan pemahaman kepada para penyelenggara pendidikan dan pengelola PAUD bahwa PAUD adalah bentuk pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun.

"Sehingga pendidikan dilakukan dengan cara memberi stimulus yang sifatnya untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak agar siap masuk ke pendidikan lebih lanjut yakni sekolah dasar," katanya.

PAUD ramah anak ini merupakan program yang dimotori Dinas P3AP2KB Kabupaten Sleman dengan menggandeng Bunda PAUD dan HIMPAUDI di 17 kecamatan di Kabupaten Sleman.

Dalam acara ini, Bunda PAUD dan HIMPAUDI melakukan penandatanganan deklarasi PAUD ramah anak yang disaksikan langsung oleh Kepala Dinas P3AP2KB dan Bunda PAUD Sleman.

AYO BACA : Bupati Sleman: Program

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar