Pemkab Sleman Dorong Kecamatan Jadi Pusat Kebudayaan

  Senin, 02 September 2019   Rizma Riyandi
Pemkab Sleman

SLEMAN, AYOYOGYA.COM--Pemerintah Kabupaten Sleman, Yogyakarta melalui Dinas Kebudayaan terus berupaya mendorong seluruh kecamatan di wilayah setempat sebagai pusat kemajuan kebudayaan masyarakat.

"Kami terus mendorong agar semua kecamatan di Sleman ini dapat menjadi pusat kemajuan kebudayaan masyarakat," kata Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman Aji Wulantara di Sleman, Senin (2/9/2019).

Menurut dia, salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut adalah melalui pemberian bantuan seperangkat gamelan perunggu pelog slendro.

"Sampai saat ini sudah 14 dari 17 kecamatan di Kabupaten Sleman yang menerima bantuan seperangkat gamelan dari Pemkab Sleman," katanya.

Ia mengatakan, bantuan seperangkat gamelan belum lama ini telah diserahkan ke Kecamatan Minggir, yang diserahkan langsung Bupati Sleman Sri Purnomo.

"Penyerahan gamelan secara simbolis dilakukan dengan penyerahan alat musik tradisional rebab oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo pada Camat Minggir Ikhsan Waluyo di halaman Kantor Kecamatan Minggir," katanya.

Aji mengatakan penyerahan bantuan gamelan ke pemerintah kecamatan sebagai upaya mendukung kecamatan sebagai pusat kemajuan kebudayaan.

"Bantuan ini juga dalam rangka untuk mewujudkan Sleman 'smart regency', utamanya dalam membangun 'smart society' masyarakat yang cerdas dalam mengelola kebudayaan," katanya.

Ia berharap fasilitas gamelan yang diberikan tersebut dapat membuat dinamika kegiatan seni dan budaya di masyarakat semakin berkembang.

"Selain itu kecintaan masyarakat dalam seni budaya daerah dapat semakin meningkat," katanya.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan bahwa penyerahan bantuan gamelan ini adalah upaya untuk membentuk membentuk masyarakat Sleman yang berbudaya.

"Pemberian fasilitas gamelan diharapakan bisa memberikan semangat dan menumbuhkan dinamika positif terhadap pengembangan dan pelestarian budaya di wilayah kecamatan," katanya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar