Polda DIY Ringkus 20 Pelaku Pencurian dan Kekerasan

  Senin, 26 Agustus 2019   Rizma Riyandi
Ilustrasi (Pixabay)

SLEMAN, AYOYOGYA.COM--Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (Polda) DIY bersama jajaran Polres setempat meringkus 20 tersangka kejahatan pencurian dengan kekerasan (curas) selama Operasi Curas Progo 2019 mulai 2 hingga 22 Agustus 2019.

Wakil Direktur Direktorat Reserse Kriminal Umum (Wadirreskirmum) Polda DIY AKBP Nugrah Trihadi mengatakan sebanyak 20 tersangka ditangkap karena terlibat dalam 14 kasus target operasi yang ditangani Ditreskirimum dan satu kasus bukan target operasi.

"Rata-rata sasaran para pelaku curat adalah telepon genggam," kata Nugrah, Senin (26/8/2019).

Menurut dia, para tersangka melakukan aksinya dengan membuntuti target korban yang kebanyakan masih berusia remaja. Saat korban berada di tempat yang sepi, para pelaku mendesak korban lalu merampas telepon genggam secara paksa.

"Dia akan pepet korban seolah-olah dia temannya, dia akan teriak-teriak, begitu dipepet dia ambil handphone-nya lalu dia melarikan diri," kata dia.

Selain itu, lanjut Nugrah, para pelaku juga melakukan aksinya dengan modus mengecoh korban yang berada di toko. Pelaku datang dua orang, satu orang bertugas mengajak berbincang-bincang korban, lalu pelaku lainnya mengambil telepon genggam korban.

Agar kasus serupa tidak terjadi, ia mengimbau masyarakat Yogyakarta tidak membawa barang-barang seperti telepon genggam secara mencolok karena pelaku kemungkinan telah mengintai dari kejauhan.

"Jangan menggunakan handphone di lampu merah apalagi mereknya bagus karena kemungkinan sudah diintai. Begitu juga, ibu-ibu juga jangan menggunakan perhiasan berlebihan karena akan memancing dan menimbulkan niat dari pelaku," kata dia.

Dalam penanganan kasus curas itu, Ditreskrimum Polda DIY mengungkap 3 kasus, Polresra Yogyakarta 3 kasus, Polres Sleman 3 kasus, Polres Bantul 2 kasus, Polres Kulon Progo 2 kasus, dan Polres Gunung Kidul 2 kasus.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan dari para pelaku sebanyak 26 unit, terdiri atas 12 telepon genggam berbagai merek, 6 sepeda motor, satu mobil serta sebuah golok.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar