SDN Keceme 1 Wakili Sleman ke Ajang Sekolah Sehat DIY

  Kamis, 22 Agustus 2019   Rizma Riyandi
Ilustrasi (Antara)

SLEMAN, AYOYOGYA.COM--Sekolah Dasar Negeri (SDN) Keceme 1 yang akan mewakili Kabupaten Sleman dalam Lomba Sekolah Sehat (LSS) 2019 tingkat Daerah Istimewa Yogakarta (DIY) dilakukan verifikasi oleh tim penilai di Sleman, Kamis.

Tim penilai LSS 2019 yang terdiri dari Dikpora DIY, DLH DIY, Setda DIY, Bappeda DIY dan Kemenag DIY diterima oleh Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun.

Ketua Tim Penilai LSS 2019 DIY Lutfianan mengatan tim penilai akan memverifikasi data dan meninjau secara langsung program-program dalam mewujudkan Sekolah Sehat di SDN Keceme 1, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman.

Dalam penilaian Sekolah Sehat, timnya akan menilai program jasmani dan rohani yang dilaksanakan di sekolah tersebut. Selain itu, timnya juga akan melakukan pembinaan.

"Tidak hanya melakukan penilaian, tetapi juga pembinaan kepada guru dan muridnya," katanya, Selasa (22/8/2019).

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun mengatakan diselenggarakannya lomba sekolah sehat tersebut dapat menjadi sarana membudayakan hidup sehat sejak dini dengan keberadaan unit kesehatan sekolah (UKS).

"Sejatinya menjadikan lingkungan sekolah yang sehat dan nyaman itu harus dimulai dari diri sendiri, karena kebersihan itu tidak dimulai dari orang lain," katanya.

Ia mengatakan, kesehatan merupakan program prioritas dalam pembangunan di Kabupaten Sleman.

"Maka daripada itu, dengan terwujudnya sekolah yang sehat tentu akan menunjang kegiatan belajar mengajar yang efektif," katanya.

Kepala Sekolah SDN Keceme 1 Dwi Susanti menegaskan komitmen untuk mewujudkan SDN 1 Keceme menjadi sekolah yang sehat, yakni dengan mengintegrasikan program sekolah sehat dalam kurikulum, integrasi intra dan ekstrakurikulum.

Selain itu pihaknya juga memiliki program khusus, yakni pembiasaan berupa penyuluhan, seperti pembiasaan mencuci tangan dengan sabun, memilah sampah, menggosok gigi bersama dan lainnya.

"Beberapa program pelayanan kesehatan di Gedung UKS, seperti pemeriksaan THT sederhana, pemeriksaan rutin, konsulatasi kesehatan, dan pemberian vitamin berkala," katanya.

Sedangkan, untuk meningkatkan kemampuan dokter cilik di UKS pihaknya juga melakukan pelatihan kesehatan dengan Puskesmas Sleman.

Dalam kesempatan tersebut kedatangan tim juri LSS 2019 disambut dengan meriah oleh Siswa-siswi SDN Keceme 1 dengan menunjukkan berbagai olahraga tradisional, seperti egrang, gobak sodor, voli, hula hoop dan bakiak.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar