Wanita Lebih Rentan Terkena Gangguan Tiroid

  Rabu, 17 Juli 2019   Rizma Riyandi
Ilustrasi

JAKARTA, AYOYOGYA.COM--Gangguan tiroid, belakangan ini memang menjadi tantangan serius karena jumlahnya yang meningkat setiap tahun. Wanita menjadi pasien yang paling banyak menderita penyakit tidak menular ini.

Bukan tanpa sebab, kandungan hormon estrogen yang banyak, membuat wanita rentan terkena penyakit ganguan tiroid. Pasalnya, hampir semua penyakit yang menyerang imunitas memang memiliki korelasi tinggi terhadap hormon estrogen.

"Wanita lebih sering terkena penyakit tiroid karena (penyakit ini) korelasinya dengan hormon estorogen. Banyak pasien yang tinggi hormon estrogennya (memiliki gangguan tiroid) atau faktor genetik tertentu yang bisa," ujar Dr. dr. Fatimah Eliana, SpPd-KEMD di Kemenkes RI, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (17/9/2019).

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa, hampir semua penyakit autoimun cenderung diderita oleh wanita. Karena penyakit tersebut sangat berkoleras pada hormon estrogen.

Tak hanya itu, penyakit-penyakit tersebut biasanya menyerang wanita di usia produktif dan akan berkurang saat wanita mengalami fase menopause.

"Gangguan tiroid, bahkan menempati urutan kedua terbanyak dalah daftar penyakit metabolik setelah Diabetes Melitus dan banyak diderita oleh wanita usia produktif dan anak-anak," paparnya.

Meskipun demikian, gangguan tiroid dan penyakit tidak menular lainnya dapat dicegah dengan pola hidup sehat, seperti menjaga lingkungan dan pemeriksaan secara rutin.

"Penting bagi masyarakat untuk mengenali berbagai jenis gangguan tiroid, gejala-gejala, melakukan deteksi dini serta yang paling penting menjaga pola hidup sehat," pungkasnya.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar