Mendengarkan Musik Dapat Meningkatkan Kreativitas dan Produktivitas

  Rabu, 10 Juli 2019   Rizma Riyandi
Ilustrasi Musik

SLEMAN, AYOYOGYA.COM--Mendengarkan musik menandakan komitmen terhadap produktivitas di ruang kantor, stasiun, sekolah, dan tempat lain. Musik mengatur suasana hati dalam aktivitas kita. 

Tapi, apakah musik membuat produktif dan kreatif seseorang? 

Bagaimana musik memengaruhi produktivitas dan kreativitas Anda

Otak menyukai ritme

Otak manusia secara inheren responsif terhadap musik, terlepas dari menyadarinya atau tidak. Pada 2016, para peneliti menemukan bahwa otak secara otomatis menangkap ketukan musik, yang berarti kita mengenali pola suara pada tingkat bawah sadar.

Meningkatkan Output

Perasaan positif mengarah pada hasil yang lebih baik. Sebuah studi yang diterbitkan oleh University of Windsor mengukur dampak musik pada kualitas kerja, menemukan hasil yang sebagian besar positif.

Studi ini membandingkan bekerja sambil mendengarkan musik saat mereka menjalani tugas sehari-hari, dibandingkan dengan yang tidak bekerja. Musik memberikan sedikit dorongan suasana hati dan juga memiliki efek anti-kecemasan dan dapat menenangkan.

Menurut penelitian lain dari BMS College of Engineering di Malaysia, subjek menemukan bahwa musik yang diputar sekitar 60 denyut per menit memiliki efek menenangkan.

Berpikir abstrak 

Memiliki Ide Kreatif. Kebisingan saat mendengarkan musik dapat merangsang pemikiran abstrak.

Tempo musik juga ikut berperan saat Anda mencoba mengoptimalkan tugas tertentu. Musik cepat membantu pendengar berkinerja lebih baik pada tes IQ.

Yang penting untuk dipertimbangkan adalah, jenis musik tertentu bukan resep untuk produktivitas. Anda harus benar-benar menyukainya untuk menuai manfaat, jika tidak, itu bisa memiliki efek negatif.

Musik klasik contoh yang paling baik untuk mendengarkan musik, up-tempo, dan memberi rangsangan otak untuk melakukan sesuatu.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar