3 Kecamatan di Kulonprogo Ajukan Bantuan Air Bersih

  Senin, 08 Juli 2019   Rizma Riyandi
Ilustrasi Air Bersih (pixabay)

KULONPROGO, AYOYOGYA.COM--Sebanyak tiga kecamatan di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, sudah mengajukan permohonan bantuan air bersih ke Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak karena mengalami kesulitan air bersih.

Tiga kecamatan yang krisis air bersih, yakni Kokap, Girimulyo, dan Samigaluh sejak pertengahan Juni.

"Setelah ada laporan dan permohonan bantuan air bersih, kami langsung mengadakan rapat khusus untuk penanganannya," kata Kepala Dinsos P3A Kulon Progo Eka Pranyata di Kulonprogo, Senin (8/7/2019).

Ia mengatakan tim tagana juga telah melakukan identifikasi di desa-desa yang membutuhkan. Pendataan meliputi desa yang terdampak kekeringan dan jumlah kepala keluarganya hingga permintaan masyarakat.

"Dari hasil identifikasi ini, kami akan memprioritaskan wilayah yang mendapat prioritas distribusi air bersih," katanya.

Hasil identifikasi sementara, Kecamatan Kokap ada di Dusun Clapar, Desa Hargowilis dan Dusun Plampang, Desa Kalirejo, sedangkan untuk Samigaluh ada tiga desa, yakni Desa Purwoharjo, Kebonharjo, dan Banjarsari. Untuk Girimulyo di Desa Purwosari.

"Untuk Desa Purwosari mendapat bantuan 30 tangki air dari pihak swasta, sedangkan untuk desa-desa lainnya, saat ini masih dalam tahap pendataan oleh taruna siaga bencana (tagana)," katanya.

Sampai saat ini, pihaknya belum mendapat kepastian alokasi bantuan air bersih dari Dinsos DIY. Secara keseluruhan, DIY sudah disediakan 750 tangki. Namun, berdasarkan pengalaman sebelumnya, Kulonprogo mendapat bantuan 350 tangki.

"Bantuan juga datang dari swasta yang bekerja sama dengan Dinsos P3A Kulonprogo. Kalau ditotal mencapai 500 tangki," katanya.

Komandan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kulonprogo Miskijo mengatakan ada sekitar 23 desa di delapan kecamatan. Hal ini berdasarkan hasil pendampingan pihaknya beberapa waktu lalu.

Wilayah-wilayah tersebut, yakni Kecamatan Kalibawang (4 desa), Nanggulan (2), Girimulyo (4), Sentolo (3), Kokap (5), Pengasih (2), Panjatan (1), dan Samigaluh (6).

"Yang baru Kecamatan Samigaluh, Kokap dan Girimulyo yang mengajukan bantuan air bersih," katanya.
 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar