Belasan Ribu Wisatawan KUnjungi Sentra Batik Giriloyo

  Rabu, 12 September 2018   Rizma Riyandi
Batik Giriloyo Bantul

BANTUL, AYOYOGYA.COM -- Sebanyak belasan ribu orang telah mengunjungi Kampung Batik Giriloyo di Desa Wukirsari, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Angka tersebut tercatat sejak Januari hingga Juli 2018.
\n     
\n\"Kalau yang belajar batik ke Giriloyo itu rata-rata per tahun sekitar 20 ribu sampai 25 ribu orang. Pada 2018 sampai dengan Juli sudah sebanyak 18.300 orang,\" kata Ketua II Paguyuban Batik Giriloyo, Nur Ahmadi di Bantul, Rabu (12/09/2018).
\n     
\nMenurutnya, selain untuk melihat langsung warisan budaya, para pengunjung juga belajar membatik mulai dari proses awal dari kain putih sampai pada pewarnaan. Saat ini, di Giriloyo, terdapat 12 showroom yang biasa dikunjungi berbagai kalangan. Mulai dari pelajar SMP dan SMK sederajat, serta mahasiswa baik dalam maupun luar daerah.
\n     
\n\"Kadang dari instansi pemerintah maupun tertentu juga ada, karena biasanya kegiatan out bon mereka itu mengambil tema batik. Bahkan dari kami juga menyediakan 'home stay' bagi tamu yang menginap,\" ujar Nur Ahmadi.

AYO BACA : Batik Giriloyo Makin Moncer di Pasar Nasional

Ia berharap kunjungan ke sentra batik Giriloyo dapat mendukung kelestarian warisan budaya Indonesia yang telah ditetapkan organisasi dunia UNESCO..
\n     
\n\"Dengan ditetapkan sebagai warisan budaya dan Jogja Kota Batik Dunia itu kalau tidak ada regenerasi, tidak ada pelestarian bisa dicabut, regenerasi bisa lewat sekolah dengan memberi pembelajaran apa itu batik dan bagaimana prosesnya,\" katanya.
\n     
\nSementara itu, kunjungan ke Kampung Batik Giriloyo pada 2017 sebanyak 20.714 orang. Sehingga jika dirata-rata per bulan tingkat kunjungan ke Giriloyo sekitar 1.500 sampai 2.000 orang. Hal ini tentu membawa dampak positif bagi pendapatan perajin.
\n       
\nPaguyuban Pengrajin Batik Giriloyo juga menawarkan paket wisata kepada wisatawan untuk belajar membatik dengan tarif Rp 25 ribu per orang dengan minimal peserta 25 orang. Adapun paket wisata lengkap dengan konsumsi sebesar Rp 50 ribu per orang.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar