Kunjungan Wisatawan Mancanegara di Sleman Didominasi Pelancong Malaysia

  Senin, 10 September 2018   Rizma Riyandi
Tebing Breksi SLeman

SLEMAN, AYOYOGYA.COM -- Kunjungan wisatawan mancanegara ke Kabupaten SLeman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) didominasi oleh para pelancong dari Malaysia. Berdasarkan data penumpang kedatangan di Bandara Internasional Adisutjipto, terdapat 65.237 wisatawan dari Malaysia yang mendarat di Yogyakarta.

"Angka tersebut setara dengan 44,78 persen dari seluruh wisatawan mancanegara yang mendarat di Yogyakarta," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Sudarningsih, Minggu (9/09).

Menurutnya, sampai dengan Juni 2018, tercatat 33.515 wisman asal Malaysia yang tiba di Yogyakarta. Bila dibandingkan dengan data yang sama pada 2017, tahun ini terdapat peningkatan kunjungan wisatawan Malaysia sebesar 15,12 persen.

Sehingga dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa Malaysia adalah pasar potensial bagi pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, khususnya Kabupaten Sleman. "Selain dekat secara geografis, Malaysia juga dekat secara budaya. Tercatat tiga penerbangan langsung berjadwal dari dan ke Kuala Lumpur (Malaysia) setiap harinya, dengan harga tiket yang relatif terjangkau," ujar Sudarningsih.

Ia mengatakan, upaya untuk mengenalkan dan mempromosikan potensi destinasi pariwisata ke Malaysia menjadi agenda penting untuk dilaksanakan. Pada 2018, dengan memanfaatkan dana hibah dari Pemerintah Kabupaten Sleman, Badan Promosi Pariwisata Sleman berkesempatan untuk mengikuti MATTA Fair yang diselenggarakan di Putra World Trade Center, Kuala Lumpur pada 7 hingga 9 September 2018.

"Dalam pameran pariwisata terbesar di Malaysia ini, terdapat setidaknya 1.500 booth peserta yang mewakili travel agent dari Malaysia dan beberapa negara ASEAN, serta negara lain seperti Jepang, dan Korea," papar Sudarningsih.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar