Perkuat NKRI, Santri NU Gelar Apel Akbar di Solo

  Senin, 10 September 2018   Rizma Riyandi
Apel Akbar Santri NU


SOLO, AYOSEMARANG.COM -- Kaum santri Nahdlatul Ulama (NU) berkomitmen menjadi garda terdepan dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan menggelar apel akbar yang akan dilaksanakan di Kota Solo pada Oktober 2018.

"Apel akbar santri ini rencananya akan dihadiri sekitar 20 ribu santri baik dari Jawa Tengah maupun dari beberapa daerah di Indonesia," kata Ketua Umum Rabitah Ma`ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI NU), KH. Abdul Ghofarrozin pada Konferensi Pers Apel Akbar Santri dan Pesantren Expo "Santri Mandiri Indonesia Hebat" di Solo, Minggu (9/9).

Ia mengatakan rencananya acara tersebut akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo. Selain itu ada beberapa agenda yang akan diselenggarakan sebagai rangkaian Apel Akbar, seperti santri ekspo dan liga santri nusantara. Adapun kegiatan Apel Akbar akan dilaksanakan selama beberapa hari mulai tanggal 4 hingga 7 Oktober 2018.

Sementara itu, agenda pesantren ekspo akan diisi oleh pesantren yang memiliki keunikan dan keunggulan. "Pesantren ini bisa memamerkan produk UMKM yang dihasilkan, bisa juga yang mempunyai terobosan di bidang pendidikan. Dengan demikian, ilmu baru ini bisa dinikmati lebih banyak orang," papar KH. Abdul Ghofarrozin.

Ia menjelaskan kegiatan tersebut juga berperan sebagai ajang pengembangan mitra ekonomi pesantren. Di mana salah satu yang ide digagas oleh Presiden Jokowi adalah bank wakaf mikro. Saat ini jumlah bank wakaf mikro di seluruh Indonesia sebanyak 28, terbanyak ada di pesantren. Sebagian juga hasil kerja sama ritel antara pesantren dan toko modern.

Pada kesempatan yang sama, Sekjen RMI NU Habib Soleh mengatakan kemitraan ekonomi yang melibatkan santri ini cukup banyak. "Pihak lain juga ada kementerian atau lembaga yang punya program spesifik untuk kemandirian ekonomi pesantren. Nantinya pada acara tersebut juga dapat disaksikan penandatangan antara korporasi dengan enam pesantren," tuturnya.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar